seagames myanmarJakarta, tribunolahraga.com – Cabang olahraga kempo memasang target mempertahankan juara umum dengan menyiapkan 58 atlet pada perhelatan SEA Games di Myanmar bulan Desember mendatang.

“Target kami mempertahankan juara umum meskipun harus lebih waspada,” kata Manajer tim kempo, Zulkarnaen Idris, di Jakarta, Kamis.

Zulkarnaen mengatakan Indonesia harus lebih waspada karena pesaing kuat Indonesia seperti Vietnam dan Laos sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari sedangkan tim Indonesia belum resmi menggelar pelatnas.

“Kami masih menunggu Surat Keputusan (SK) Pelatnas keluar,” ujar Zulkarnaen yang mengatakan tuan rumah Myanmar serta Timor Leste juga patut diwaspadai.

Meskipun begitu, lanjutnya, tim sudah melakukan latihan informal sejak Januari dengan beberapa atlet seperti dari Jakarta dan Jawa Barat. Setelah ada kepastian dari Satlak Prima, Pengurus Besar Persatuan Beladiri Kempo Indonesia (PB Perkemi) langsung memanggil sejumlah atlet dari Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Verifikasi atlet telah dilakukan pada Senin (4/3) lalu.

“Setelah SK Pelatnas nanti keluar kami akan langsung memaksimalkan latihan. Sedangkan dana pemanggilan atlet-atlet yang sudah kami panggil sejak dua minggu lalu menggunakan dana talangan dulu,” jelasnya.

Awalnya PB Perkemi memanggil 67 atlet termasuk untuk cadangan yang kemudian mengerucut menjadi 58 atlet karena tidak semua atlet menyanggupi datang. Dari sejumlah atlet tersebut akan bertarung pada nomor putra antara lain Randori (Free Sparring) 45-50 kg, Randori (Free Sparring) 50-55 kg, Randori (Free Sparring) 55-60 kg, Randori (Free Sparring) 60-65 kg, Embu (Artistic) Pair KyuKenshi, Embu (Artistic) Pair Yudansha, Embu (Artistic) Group 4 Kenshi, dan Embu (Artstic) Group 8 Kenshi.

Sedangkan pada nomor putri yakni Randori (Free Sparring) 45-48 kg, Randori (Free Sparring) 48-51 kg, Randori (Free Sparring) 51-54 kg, Randori (Free Sparring) 54-57 kg, Embu (Artistic) Pair KyuKenshi, Embu (Artistic) Pair Yudansha, Embu (Artistic) Group 4 Kenshi, dan Embu (Artstic) Group 8 Kenshi. Untuk nomor campuran antara lain Embu (Artistic) Pair KyuKenshi dan Embu (Artistic) Pair Yudansha.

Pada SEA Games 2011 lalu, Indonesia berhasil menyabet juara umum dengan perolehan delapan emas, tujuh perak dan satu perunggu yang berhasil diraih dari nomor Dantai Embu, Randori, dan campuran

TINGGALKAN KOMENTAR