JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

 

Timnas Indonesia yang akan menjamu Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam laga lanjutan Grup C babak kualifikasi Piala Asia 2015, Sabtu malam ini tentu harus mewaspadai bola-bola atas yang bakal diterapkan lawan.

Pasalnya, timnas Arab memiliki keunggulan dari segi postur tubu pemainnya yang memang tinggi-tinggi.’’Jadi para pemain kita harus hindari bola-bola atas karena para pemain Arab lebih tinggi, kata mantan pemain dan pelatih timnas, Mohammad Alhadad kepada TribunOlahraga.com, jelang duel Indonesia melawan Arab Saudi, Sabtu, (23/3) petang.

Oleh karenanya, lanjut Mamak, panggilan akrab pria berdarah Arab ini, para pemain Indonesia yang umumnya postur tubuhnya pendak harus memainkan bola-bola bawah dengan permainan dari kaki ke kaki.

Dari segi materi tim, pasukan “Garuda” telah memperoleh kembali kekuatan terbaiknya pasca meredanya konflik internal PSSI. Boaz Solossa, Firman Utina, Ponaryo Astaman, Zulkifli Syukur akhirnya bisa bergabung bersama Andik Vermansyah dkk.

Ditambah lagi beberapa pemain naturalisasi baru, seperti Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, dan Victor Igbonefo juga siap menjadi andalan timnas. Dengan itu, maka harusnya tidak ada keraguan untuk bisa mengalahkan Arab.

Kondisi para pemain Indonesia juga sedang bugar, tanpa ada satupun yang cedera. Arsitek di belakang mereka pun, merupakan dua pelatih terbaik Liga Indonesia yaitu Rachmad Darmawan dan Jacksen F Tiago.

Indonesia benar-benar mendapati sebuah tim impiannya kali ini. Hanya saja, yang perlu dikhawatirkan adalah terburu-burunya proses membentuk tim.

Mereka hanya memiliki waktu sekitar lima hari, untuk menjadi padu satu sama lain. Momen yang begitu sebentar, dalam menggodok strategi ataupun chemistry dalam sebuah tim.

Biarpun begitu, pelatih Rahmad Darmawan tetap yakin Indonesia bisa menang dalam laga tersebut. “Berbagai persiapan termasuk mempelajari kemampuan lawan juga sudah dilakukan. Kami berharap bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, kubu Arab Saudi sedang memiliki kepercayaan diri tinggi. Terlebih setelah menang pada pertandingan perdana melawan China dengan skor 2-1, bulan lalu.

Kemudian mereka juga melakukan persiapan matang sebelum melakukan lawatan ke Indonesia. Pasukan “Elang Padang Pasir” itu melakoni laga persahabatan melawan Malaysia dengan hasil kemenangan 4-1, pekan lalu.

Dua pertandingan tersebut membuktikan, bahwa Arab punya kekuatan tim apik terutama dalam hal menjebol pertahanan lawan. Mereka punya dua penyerang yang harus diwaspadai yaitu Naif Hazazi.

Dia kerap datang dari bangku cadangan, tapi punya kemampuan mengubah skor akhir sebuah laga. Selain itu arab juga punya Yousef Mansour Al Salem dan Fahd Al Muwallad yang masing-masing sudah mencetak satu gol di dua laga terakhir tersebut.

Prediksi hasil akhir
Melihat sejarah, Indonesia tidak pernah mengalahkan Arab Saudi sepanjang laga internasional. Pada pertemuan terakhir, Indonesia kalah 1-2 atas Arab pada laga Piala Asia 2007.

Hanya saja pasukan “Garuda” yang sekarang adalah tim baru, dengan materi pemain terbaik. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bagi mereka untuk mengalahkan anak-anak “Elang Padang Pasir” sang juara Piala Asia tiga kali.

Syarat utama Indonesia adalah fokus dan tidak lengah selama 90 menit bertanding, pasalnya Arab punya serang-serangan yang mematikan. Jika itu bisa dilakukan oleh Indonesia, maka skor kemenangan kemungkinan 3-2 bisa diraih. Namun prediksi pengamat bola lainnya, hasil imbang kemungkinan besar bisa terjadi.

 

Prediksi line-up Indonesia vs Arab Saudi
Indonesia (4-2-3-1)
Kurnia Mega (penjaga gawang); Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo; Ahmad Bustomi, Immanuel Wanggai; Boaz Solossa, Firman Utina, Greg Nwokolo; Sergio van Dijk

Arab Saudi (4-2-3-1)
Waleed Abdullah (penjaga gawang); Sultan Al Bishi, Osama Hawsawi, Abdullah Al Zoari, Mansour Al Harbi; Taisir Al Jassim, Saud Khairi; Salem Al Dawsari, Yahya Al Shehri, Fahd Al Muwallad; Yousef Al Salem TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR