SURABAYA-(TribunOlahraga.com)

Indonesia mengantongi tiket semifinal Piala Axiata 2013 setelah peringkat lima klasemen sementara, “All Star” Eropa, yang diperkuat juara All England 2013 Tine Baun ditumbangkan Thailand 1-3, Sabtu malam, di DBL Arena Surabaya.

Tine Baun yang menjadi andalan All Star Eropa tumbang oleh Ratchanok Intanon yang 15 tahun lebih muda darinya, 9-21, 21-13, 21-12. Sebelumnya tunggal putra Boonsak Ponsana berhasil mengalahkan Vladimir Ivanov 21-6, 21-11.

Kemudian ganda campuran Sudket Prapakamol-Saralee Thoughthongkam membungkam Nathan Robertson-Jenny Wallwork 21-11, 21-17. Di ganda putra, All Star Eropa mencuri satu poin lewat Ivan Sozonov Vladimir Ivanov yang mengalahkan Boonsak Ponsana-Songphon A.

Dengan hasil keseluruhan pertandingan babak penyisihan Sabtu (30/3), Indonesia tidak mungkin terlempar dari empat besar dan dipastikan berlaga di semifinal.

Indonesia menempati puncak klasemen sementara dengan raihan 19 poin diikuti Malaysia 18 poin yang berhasil menumbangkan Vietnam 4-0. Kemudian Thailand yang meraih tiga poin dari All Star Eropa bertambah menjadi 17 dan All Star Asia mengumpulkan 15 poin setelah menang 4-0 atas Singapura.

“All Star” Eropa yang hanya menghasilkan satu poin melawan Thailand berada di posisi ke lima dengan jumlah 13 poin. Babak penyisihan menyisakan satu laga lagi yang akan berlangsung Minggu (31/3) di Stadion Cheras Badminton Kuala Lumpur, dan DBL Arena Surabaya.

Manajer Tim Indonesia Bambang Roedyanto mengatakan tim masih harus berusaha keras untuk menempati peringkat satu atau dua pada klasemen akhir. Pasalnya, peringkat satu dan dua mendapat keuntungan langsung dipisahkan dari undian laga untuk semifinal dan tinggal menunggu lawan dari peringkat tiga dan empat.

“Karena nanti dalam `Top four` nanti, yang akan diundi adalah peringkat 3-4, maka kalau kita mau aman posisinya, harus mencari peringkat 1-2 di klasemen akhir babak penyisihan nanti,” ujarnya setelah laga melawan Filipina yang dimenangkan Indonesia 4-0 di DBL Arena Surabaya, Sabtu.

Indonesia akan menghadapi All Star Eropa, Minggu (31/3) esok. All Star Eropa harus sedikitnya meraih tiga kemenangan dan berharap All Star Asia tidak mendapat satu pun poin dari Malaysia jika ingin meraih empat besar.TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR