JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Liverpool bangkit dari ketinggalan gol lebih dulu untuk menang 2-1 atas tuan rumah Aston Villa pada Minggu, melalui pertandingan menghibur yang membuat pasukan Paul Lambert terperosok dalam zona degradasi Liga Utama Inggris.

Christian Benteke membawa Villa unggul terlebih dahulu melalui golnya pada babak pertama, namun Jordan Henderson mampu menyamakan kedudukan pada awal babak kedua sebelum Steven Gerrard memastikan kemenangan Liverpool dari titik penalti.

Kekalahan ini membuat Villa menempati peringkat ketiga dari bawah pada kompetisi tertinggi Inggris, namun mereka hanya tertinggal dari tim peringkat keempat dari bawah Wigan Athletic melalui selisih gol, di mana pasukan Roberto Martinez masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Villa berupaya keras meraih kemenangan berturut-turut ketiganya, namun mereka gagal memanfaatkan momentum tersebut menjelang serangkaian pertandingan di sisa musim, yang mencakup lawatan ke markas Stoke City dan pemuncak klasemen Manchester United.

Sementara itu, Liverpool sekarang mendekat lima angka ke zona Europa, meski tiga tim di atas mereka – Chelsea, Arsenal, dan Everton – masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers membuat empat perubahan pada tim yang dikalahkan Southampton 1-3 pada pertandingan sebelumnya, dengan memainkan Jose Reina, Jamie Carragher, Lucas Leiva dan Henderson.

Joe Bennet merupakan satu-satunya wajah baru di susunan tim inti Villa, namun bek kiri itu nyaris membuka peluang untuk gol pembuka pada menit keempat di Villa Park melalui sodoran yang tidak dapat dituntaskan Benteke.

Umpan silang lain dari bek Villa, kali ini dari Matthew Lowton, nyaris membuat tuan rumah unggul pada menit ke-16, namun Reina melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang Gabriel Agbonlahor.

Kemudian Liverpool yang balas menciptakan peluang mencetak gol.

Tembakan Glen Johnson yang berubah arah dapat ditangkap kiper Villa Brad Guzan, sedangkan tembakan Luis Suarez melebar, dan dua upayanya masih dapat diantisipasi Guzan.

Gol pembuka Villa, pada menit kee-31, datang melalui permainan terbuka.

Setelah Ashley Westwood mengirim bola ke kotak penalti Liverpool yang diteruskan Agbonlahor, Benteke melepaskan temabakan keras yang sempat mengenai tangan kanan Reina dalam perjalanannya ke sudut kiri gawang Liverpool.

Liverpool segera berupaya membalas dan Guzan dua kali menyelamatkan gawang tuan rumah menjelang turun minum.

Kiper AS ini memblok tembakan Suarez setelah Barry Bannan membuat pemain Uruguay itu dapat berlari menyongsong bola, sebelum membendung tembakan Gerrard.

Villa memiliki masalah untuk mempertahankan keunggulan di liga musim ini, dan kerapuhan mereka kembali merugikan saat Liverpool mampu membalikkan keadaan dalam kurun waktu 15 menit pada babak kedua.

Tim tamu hanya membutuhkan dua menit untuk menyamakan kedudukan, ketika Philippe Coutinho mengirim umpan bagus pada Henderson dan mantan pemain Sunderland ini mencungkil bola melewati Guzan.

Coutinho menembakkan bola melebar dari umpan Suarez, dan sepakan Johnson membentur tiang gawang sebelum Gerrard mencetak gol pada menit ke-60 melalui eksekusi penalti setelah Nathan Baker menjatuhkan Suarez di kotak terlarang.

Villa berupaya menyamakan kedudukan, dan setelah Andreas Weimann melepaskan sepakan melambung saat meneruskan pergerakan memotong Yacouba Sylla, Gerrard menyelamatkan gawang timnya dengan menyundul bola sebelum melintasi garis gawangnya sendiri.

Benteke berpikir bahwa dirinya mencetak gol penyama kedudukan pada masa tambahan waktu, namun tembakan setengah voli dari jarak dekatnya dianulir karena offside, demikian AFP.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR