(TRIBUNOLAHRAGA.COM) – WIM Medina Warda Aulia (2321) harus menyerah kalah pada WGM Yulia Kochetkova (2314) dari Slovakia di babak ketiga turnamen catur internasional Japfa Chess Festiva 8th yang berlangsung di Gedung Serbaguna, Gelora Bung Karno Senin (15/4).
Ini merupakan kekalahan Medina pertama dalam turnamen ini, setelah dua babak sebelumnya, calon peraih WGM berusia 15 tahun ini meraih poin 1,5. Medina meraih poin tersebut dengan menumbangkan musuh yang ditakutinya, WIM Millet Sophie (2394), dan hasil menang di babak kedua atas WIM Benmesbah Natacha (2261). Semua tidak mengira Medina harus menderita kalah tragis di langkah ke-28.
Raja Medina di e8 berada dalam ancaman. Benteng putih milik Kochetkova di h8 diap menerkam. Sementara Kuda Medina yang di g8 tidak berkutik karena dalam posisi open shak. Medina mencoba mendoro bidak c3, dengan harapan ancama shak mat masih ditempu Kochetkova untuk beberapa langka. Ternyata perhitungan Medina keliru. Kochetkova melakukan pressing dengan menambah satu benteng di h1, lalu benteng h8 makan kuda di f8 shak, lalu benteng naik dari h1 ke h8, disitulah Medina menyerah.
Kochetkova dan Medina tampak tidak berani bermain open, karenba itu keduanya memilih pembukaan Prancis dengan e4 e6. Permainan berkembang normative, akan tetapi di langkah ke-13 terjadi kekeliruhan besar. Medina dipaksa kehilangan 1 bidak dan kehilangan posisinya yang baik di sentrum . Melihat posisi demikian Kochetkova terus mendesak Medina hingga akhirnya pecatur berusia 15 tahun ini menyerah di langkah ke-28.
Kochetkova usai kemenangannya melawan medina mengatakan, ia tidak mengerti Medina begitu bermain hati-hati, dan banyak salahnya. Dia mengira, dua babak pertama dengan hasil satu kali menang, dan satu kali remis itu cukup menguras tenaganya, sehingga di babak ketiga dia tampak tidak terlampau konsentrasi bermain.
“Saya tidak percaya Medina bisa begitu, padahal, saya sendiri sangat khawatir melawan dia,” tutur Kochetkova sambil berjlaan meninggalkan ruang Serba Guna menujui hotel Century untuk istiraha melepaskan lelahnya.
Hasil hari itu tidak begitu menggembirakan bagi kubu Indonesia. Setelah Medina menderita kalah, rekannya Chelsie hanya meraih remis dari lawannya.

TINGGALKAN KOMENTAR