JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Barcelona adalah masa lalu. Yaa, begitulah rasa dalam balutan kata  yang berkecamuk di sanubari Pep Guardiola ketika ia menjawab pertanyaan saat berada bersama sekitar 120 anak dari berbagai sekolah dasar di Buenos Aires.

guardiola-okKetika Guardiola ditanya apakah ia berminat kembali ke Barcelona, ia menjawab, “Segala kenangan dan langkahku bersama Barcelona telah berakhir. Anda lahir, anda tumbuh, dan anda menjadi tua. Itulah tahapan dalam kehidupan.”

Guardiola merasa bangga telah melewatkan waktu bersama di Barcelona. “Menjadi pelatih memungkinkan anda berhubungan dengan orang di sini. Saya punya hubungan luar biasa bersama orang-orang di sini,” katanya sebagaimana dikutip dari situs Marca.

Ia sepenuhnya memuji para pemain Barca. “Para pemain yang saya pernah tangani mencintai apa yang mereka kerjakan. Mereka tak pernah kehilangan semangat”.

Guardiola kemudian bicara kunci sukses membawa Barcelona menjadi juara. “Segala sesuatunya telah berjalan lancar di Barca karena saya berpengalaman melatih klub amatir dan profesional.”

Guardiola kemudian bicara soal masa lalunya, “Anda dapat menjadi juara bersama tim-tim yang besar. Ini semua terpulang kepada besar kecilnya sebuah klub”.

Mantan manajer Barca itu tidak ingin buru-buru bicara masa depannya bersama sebuah klub di Jerman. “Lebih baik tidak bicara soal Bayern Muenchen. Saya akan bicara bila saya memang sudah bekerja di sana.”

Ia merasa nyaman dengan pekerjaannya. “Orang memutuskan menjadi manajer karena mereka ingin mengukir prestasi bersama tim yang ia latih,” katanya.

Ia merasa bahwa keberadaannya di Barca justru pada saat yang tepat. “Ketika anda memutuskan hengkang dari klub yang lebih baik, maka semuanya itu terpulang kepada sebuah keputusan. Saya merasa gembira pernah berada di Barcelona,” katanya.

Ketika menyinggung mengenai Piala Dunia 2014 di Brazil, ia menyatakan, “Spanyol favorit memenangi Piala Dunia, selain Jerman, Brazil dan Argentina.” TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR