JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Sampai Saat ini Propinsi Riau masih tetap sebagai tuan rumah penyelenggara Islamic Solidarity Games (ISG) III/2013 , meskipun ada keinginan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora memindahkan tempat penyelenggaraan tersebut ke Jakarta.

riau-okWakil Ketua I Panitia Daerah ISG III Syamsurizal mengatakan, panitia daerah  masih bekerja seperti biasa, sesuai dengan Kepres Nomor 15 tahun 2012 , tentang penetapan Riau sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games III tahun 2013.

‘’Saya tidak melihat satu ketetapan yang legal tentang penyelenggaraan ISG di Jakarta. Dan  segenap jajaran panitia daerah  masih tetap seperti baisa melaksanakan kegiatan  sesuai  bidang kerja masing-masing ,” kata Syamsurizal yang juga  mantan Ketua Umum PB Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia, (PB.Persetasi) sekarang Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) itu, Kamis (2/5).

Dikatakan, bukti Riau masih  diakui oleh pemerintah pusat , diundangnya panitia daerah dalam Rapat Koordinasi tingkat Menteri di Kantor Menkokesra pada tanggal 8 Mei 2013 mendatang.Rakor tersebut akan dipimpin langsung oleh Menko Kesra Agung Laksono serta sejumlah Menteri terkait lainnya dengan agenda tunggal membahas persiapan Islamic Solidarity Games III 2013 di Raiu.

‘’Nanti ada juga paparan dari Menteri terkait seperti Menpora ,kemudian paparan kesiapan Riau yang akan disampaikan oleh Pak Gubernur .Selain itu juga akan dihadiri utusan  dari pihak KOI dan KONI ,” ungkap Syamsurizal.

Lebih lanjut Syamsurizal mengemukakan, segenap jajaran panitia daerah sangat berharap agar Presiden SBY tidak melakukan perombakkan perubahan Kepres  Nomor 15 tahun 2012 yang sudah ditanda tangani tentang penetapan Riau sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games III.

“ Saya yakin  Presiden tidak akan  gegabah .dan kamipun tidak melihat yang sifatnya rasional atas usulan Menpora  yang sangat berkeinginan  memindashkan ISG ke Jakarta. kecuali hal yang sifatnya terlalu dibuat atau mengada ada,” imbuh Syamsurizal.

Disisi lain tambahnya lagi, venue atau tempat tempat pertandingan sudah ditinjau oleh Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) sebanyak 4 kali.

‘’Dan usulan perbaikkan yang diinginkan oleh ISSF sudah kami akomodir, melalui tender dari paket-paket proyek yang dianggarkan di Dinas Pemuda dan Olahraga sebagaimana yang diusulkan oleh ISSF ,”katanya.

Syamsurizal mengharapkan, apa yang  telah dipersiapkan Riau sebagai tuan rumah penyelenggara Islamic Solidarity Games III, hendaknya menjadi pertimbangan pemerintah pusat, sehingga penyelenggaraan multi event bernuansa Islam ini bisa terlaksana di bumi lancang kuning.

Pada bagian lain Syamsurizal mengatakan, untuk mendukung penyelenggaraan ISG III tahun 2013 ini , pihak ISSF  telah menyetujui diselenggarakannya  Investment Forum Culutural Night dan  Internasional Fentival Orchid .

Disamping itu ada agenda Pertemuan Imam-imam Masjid dari seluruh Negara anggota Organisasi Konprensi Islam (OKI) , yang  akan dihadiri oleh peserta Islamic Solidarity Games.

“ Semua kegiatan itu sudah direspon positif oleh ISSF dan ini dianggarkan dalam APBD Propinsi Riau melalui dinas terkait , seperti pariwisata dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah BKMD,” demikian Syamsurizal. TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR