JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Gol bunuh diri Phil Jones memaksa tuan rumah Manchester United harus menyerah 0-1 dari tamunya Chelsea dalam laga Liga Utama Inggris di Old Trafford, Minggu malam (WIB).

Juan Mata yang mendapatkan umpan dari sisi kiri pertahanan United, menyepak bola dari kotak penalti dan bola menyentuh Phil Jones yang berusaha menghadangnya, sebelum akhirnya masuk ke gawang tidak terjangkau tangan kiper Anders Lindegaard.

Gol penting menit 87 itu telah mengangkat Chelsea naik ke peringkat tiga klasemen sementara dengan 67 poin, sekaligus menggeser posisi Arsenal yang turun menghuni tempat keempat dengan selisih poin satu lebih sedikit.

Chelsea menapaki menit-menit awal babak pertama dengan tekanan ke pertahanan MU. Pada menit keenam Demba Ba melayangkan tembakan dengan kaki kanannya, tapi Patrice Evra berhasil memblok.

Beberapa detik kemudian, peluang Chelsea disambung melalui Nascimento Ramires. Gawang MU masih selamat karena kiper Anders Lindegaard menghalau bola dengan kakinya.

Selang dua menit kemudian, Manchester United membuat peluang lewat Tom Cleverley, sayang bola masih melebar di sebelah kanan gawang Petr Cech.

Gawang Chelsea kembali selamat ketika tendangan Ryan Giggs mampu dihadang Petr Cech pada menit 15, sebelum semenit kemudian Victor Moses membalas tapi juga gagal.

Usaha-usaha Liverpool melalui Cleverley, van Persie, Ryan Giggs yang dibalas sejumlah ancaman dari Chelsea memalui Frank Lampard, Demba Ba, serta Juan Mata, tidak membuahkan hasil hingga menit-menit akhir babak pertama.

Peluang untuk Chelsea datang lagi setelah Victor Moses handball, tapi tendangan bebas David Luiz tidak juga berbuah gol.

Babak pertama berakhir dengan skor masih sama 0-0.

Pada awal babak kedua, Chelsea terus menyerang tapi Vidic menghadang hingga harus menerima kartu kuning saat menutup upaya Demba Ba.

Menginjak menit 68, Ferguson memasukkan Rooney dan menarik keluar Oliveira Anderson untuk menajamkan serangan, juga memasukkan Buttner menggantikan Cleverley.

Sementara Benitez mengimbangi dengan memanggil Torres masuk menggantikan Moses.

Setelah miskin gol sampai empat menit terakhir waktu normal pertandingan, Juan Mata mengejutkan kubu Chelsea, melesakkan tendangan hingga gol bunuh diri tercipta ketika bola menyentuh Phil Jones.

Kiper Lindegaard yang sudah berusaha, tangannya tidak mampu menjangkau bola dan gol. Chelsea menang 1-0 atas tuan rumah Manchester United. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR