JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Timnas balap sepeda Indonesia usai turun di Tour de Singkarak (TdS) 2013, 2-9 Juni, mulai memetakan calon lawan yang dihadapi pada gelaran SEA Games (SEAG) 2013 Myanmar akhir tahun nanti.

Pemetaan itu dilakukan berdasarkan hasil akhir kejuaraan balapan sepeda internasional yang diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yang berakhir Minggu (9/6) itu.

“Banyak negara ASEAN yang turun disini (TdS). Jadi kita bisa melihat kekuatan mereka meski tidak datang dengan kekuatan penuh,” kata Manajer Timnas Indonesia di TdS, Teguh Eko Pambudi di Padang, Senin.

Menurut dia, perkembangan balap sepeda di ASEAN cukup pesat. Bahkan negara-negara yang sebelumnya tidak masuk dalam hitungan seperti Vietnam mulai menunjukkan tajinya. Untuk itu Indonesia harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal.

Pebalap Vietnam, kata dia, pada TdS memang belum dominan, namun jika dilihat dari kemampuan individu pebalap pantas untuk diwaspadai. Apalagi banyak pebalap Vietnam yang terus menempa diri di Eropa Timur.

“Kekuatan Vietnam sulit ditebak. Tapi kami melihat perkembangannya luar biasa. Kita tidak boleh lengah dan berusaha memperbaiki kelemahan,” katanya menambahkan.

Selain Vietnam, pebalap yang paling diwaspadai adalah dari Thailand dan Malaysia. Begitu juga dengan Filipina. Ketiga negara ini sangat konsen dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar.

“Thailand dan Malaysia kuat di track dan Filipina kuat di road. Untuk pebalap Filipina orangnya terkenal agresif dan sering melakukan break. Itu yang pantas diwaspadai,” katanya.

Berbekal peringkat tiga kategori tim pada Tour de Singkarak 2013, Timnas Indonesia yang saat itu tidak turun dengan kekuatan penuh akan melanjutkan pelatnas. Saat ini pelatnas tidak dilakukan lagi di Subang Jawa Barat melainkan dipindah ke Yogyakarta.

“Hari ini kita ke Jakarta dulu. Setelah itu siap-siap berangkat Yogyakarta untuk melanjutkan pelatnas,” kata pebalap Timnas Indonesia yang merebut Kaos Merah Putih TdS, Aiman Cahyadi.

Pada Tour de Singkarak 2013, Timnas Indonesia diperkuat tujuh pebalap yaitu Ryan Areihan, Fatahillah Abdullah, Robin Manulang, Rohmad Nugraha, Bambang Suryadi, Aiman Cahyadi dan Rastra Patria Dinawan.

Selain memperkuat timnas, beberapa pebalap yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 turun membela klubnya di antaranya Tonton Susanto dan Dadi Suryadi yang membela Putra Perjuangan Bandung, Hari Fitrianto yang membela CCN Cycling Team Brunei dan Herwin Jaya yang memperkuat BRCC Banyuwangi. TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR