JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Mabes TNI menggelar Kejuaraan Karate “Panglima TNI II Tahun 2013” untuk memperebutkan Piala Panglima TNI yang diikuti 465 peserta.

Kejuaraan-Karate-Piala-PangPara peserta itu berasal dari prajurit dan PNS TNI yang masih aktif di jajaran Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU, kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono ketika membuka kejuaraan itu di Gelanggang Olahraga (GOR) Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu sore.

Kejuaraan Karate yang dilaksanakan pada 26 Juni hingga 28 Juni 2013.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan bela diri karate merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat diarahkan bagi kepentingan proses pendidikan jasmani secara sistematik dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional yang sejalan dengan sistem pendidikan jasmani TNI.

“Melalui olahraga karate akan diperoleh berbagai ungkapan yang erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan,” kata Panglima TNI.

Berangkat dari harapan tersebut, Panglima berharap kejuaraan karate bisa menjadi titik awal bagi kotama TNI. Pengembangan karate juga dapat dijadikan bagian dalam mendukung tugas-tugas TNI.

Dalam konteks membangun komunikasi sosial, kata Agus, pengembangan olahraga karate diharapkan dapat membawa motivasi dan menempa generasi muda yang tangguh baik dari segi fisik maupun mental menuju generasi muda yang berkepribadian, dan memiliki mental yang kokoh.

Sementara dalam konteks kompetisi, memiliki prestasi yang tinggi merupakan tantangan bagi dunia olahraga karate nasional. Namun untuk mencapai prestasi yang diinginkan, maka integritas dan sinergitas pengurus, pelatih dan atlit merupakan kata kunci `Tritunggal` dalam pembinaan kekuatan karate nasional.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI II Tahun 2013, Kolonel Laut (S) Ivan Yulivan yang sehari-hari menjabat sebagai Koorspri Panglima TNI, mengatakan kejuaraan karate sebagai bagian dari kegiatan KOMI yang didelegasikan kepada Koorspri sebagai pembinaan olahraga prestasi TNI dan PNS serta pembinaan prestasi karate nasional dengan satu tujuan, yaitu integrasi dan prestasi.

“Dengan Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI II Tahun 2013 Kita Tingkatkan Persaudaraan Antar Karateka Dan Menumbuhkan Semangat Karate Sejati Guna Mencapai Prestasi Yang Lebih Tinggi,” ujar Ivan. TOR-02

 

TINGGALKAN KOMENTAR