PALEMBANG-(TribunOlahraga.com)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membentuk tim untuk mensurvei berbagai arena olahraga yang akan digunakan pada ajang Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang, 11 September- 1 Oktober 2013.

ISG1“Pekerjaan sudah dimulai dan dalam waktu dekat tim dari Dinas PU Provinsi akan menginformasikan hasil pemantauan berbagai arena olahraga di Kompleks Olahraga Jakabaring sebagai laporan resmi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumatera Selatan Rizal Abdullah di Palembang, Sabtu.

Ia mengemukakan, hasil dari survei itu akan dijadikan rekomendasi bagi panitia penyelenggara dalam mengambil keputusan berikutnya, mengingat kesiapan arena olahraga merupakan hal yang utama.

“Koordinasi mengenai berbagai hal akan terus dilakukan dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam rapat dengan berbagai instansi terkait,” ujarnya.

Ia menerangkan, survei itu akan mengamati kondisi terkini masing-masing arena olahraga seperti fasilitas pertandingan, peralatan pertandingan, ketersediaan air dan listrik, toilet, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Secara prinsip sebenarnya seluruh arena di Jakabaring tidak ada permasalahan, hanya perlu pemolesan saja seperti pengecatan karena setelah SEA Games 2011 tetap mendapatkan perawatan,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian besar arena olahraga bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring terawat dengan baik, karena setelah menggelar perhelatan SEA Games XXVI tahun 2011 terbilang aktif digunakan dalam berbagai ajang single event skala internasional.

Arena itu di antaranya, Stadion Lapangan Tembak, Stadion Lapangan Tenis, Stadion Akuatik, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Gedung Olahraga Ranau, Gedung Olahraga Dempo, Arena Ski Air dan Dayung, Stadion Atletik, beserta Wisma Atlet dengan kapasitas sekitar 3.000 unit tempat tidur.

Sumatera Selatan ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Agama Surya Dharma Ali, dan instansi terkait di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Sekitar 2.500 atlet dan 2.000 ofisial dari 25 negara akan ambil bagian dengan mengikuti pertandingan cabang olahraga atletik, renang, panahan, senam, sepak bola, basket, bola voli, voli pantai, angkat besi, wushu, karate, dan taekwondo. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR