JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pelatih baru Manchester United David Moyes melupakan penderitaan-penderitaan pramusim yang menimpanya, ketika timnya mengalahkan Wigan Athletic 2-0 pada pertandingan Community Shield di Wembley, Minggu.

Van-PersiePengganti Alex Ferguson yang legendaris ini begitu frustrasi di bursa transfer dan spekulasi seputar masa depan Wayne Rooney sepanjang laju hasil pertandingan yang mengecewakan, di mana timnya hanya meraih dua kemenangan dari tujuh pertandingan persahabatan.

Keberuntungannya berubah di pertandingan yang menjadi penanda pembuka musim baru Liga Utama Inggris ini, ketika Robin van Persie mencetak gol pada tiap-tiap babak untuk memberikan Moyes gelar pertamanya sebagai pelatih tim raksasa Inggris itu.

Perhatian pria Skotlandia 50 tahun ini akan segera berubah ke pertandingan pembuka musim Liga Utama Inggris di kandang Swansea City yang akan dimainkan Minggu depan, meski pertanyaan-pertanyaan seputar masa depan Rooney kelihatannya masih belum akan mendapat kepastian.

Sementara itu, tiga bulan dari kemenangan mengejutkan mereka atas Manchester City di final Piala FA, Wigan memperlihatkan kualitas yang cukup untuk memberi sinyal bahwa mereka akan segera kembali dari degradasi ke strata Championship pada tahun pertamanya.

Pada pertandingan resmi pertamanya sebagai pelatih United, Moyes menerapkan formasi 4-3-3 di mana Ryan Giggs mendapat peran sebagai gelandang tengah.

Van Persie memimpin lini depan, didampingi Danny Welbeck, dan pria Belanda itu, yang mencetak 30 gol pada musim lalu, hanya memerlukan enam menit untuk membuka rekening golnya di musim 2013/2014.

Ia menyambut umpan silang yang dikirimkan Patrice Evra dari sisi kiri dan memanfaatkan pergerakan Giggs yang memecah konsentrasi pertahanan Wigan, sehingga Van Persie memiliki ruang dan waktu untuk melepaskan tandukan ke sudut kiri bawah gawang Wigan.

Leon Barnett harus waspada untuk menggagalkan Welbeck mengubah skor menjadi 2-0 dari operan mendatar pemain debutan Wilfried Zaha, namun United mendapat hantaman pada menit ke-16 ketika Rafael harus meninggalkan lapangan karena mengalami cedera.

Chris Smalling dimasukkan namun ia nyaris membuat start buruk ketika ia membiarkan operan Stephen Crainey memantul melewati dirinya, yang membuat pemain debutan Wigan James McClean mampu melepaskan umpan silang ke kotak penalti United.

Welbeck menguji kiper Wigan Scott Carson setelah membalikkan tubuh dan melepaskan tembakan, namun pasukan Owen Coyle mengakhiri babak pertama dengan cukup baik, ketika Barnett gagal menanduk bola dengan sempurna setelah Emerson Boyce membelokkan tendangan bebas Ben Watson yang melintasi gawang.

Hanya ada sedikit gebrakan pada permainan United, namun pada menit ke-59 mereka menggandakan keunggulan mereka atas Wigan.

Pergerakan yang sabar berpuncak pada umpan Welbeck kepada Van Persie di tepi kotak penalti, dan mantan pemain Arsenal itu memindahkan bola ke kaki kirinya sebelum melepaskan tembakan yang mengenai James Perch dan mengecoh Carson.

Tidak lama kemudian Zaha meninggalkan lapangan, sedangkan Giggs mendapat sambutan sambil berdiri dari para penonton, serta tepuk tangan dari Moyes, ketika ia digantikan Anderson.

Belakangan, United mengganti gaya permainannya, Barnett bisa menggagalkan umpan silang Evra menyusul pergerakan satu sentuhan yang mulus, dan meski tidak ada gol-gol tambahan yang tercipta, Moyes telah melewati ujian pertamanya, demikian AFP.TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR