JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Kontingen Indonesia hingga hari ketujuh pelaksanaan Asian Youth Games (AYG) 2013 di Nanjing, China, Kamis belum menambah perolehan pundi-pundi medalinya.

Hingga saat ini, kontingen Indonesia baru mengumpulkan satu emas, dua perak dan satu perunggu. Medali yang didapatkan ini hanya berasal dari dua cabang olahraga yaitu renang dan atletik.

Meski belum ada perubahan, kontingen Indonesia masih tetap berpeluang menambah pundi-pundi medali lewat renang pada pertandingan hari terakhir Jumat (23/8) yang salah satunya lewat Ricky Anggawidjaja.

Peraih medali emas 100 meter gaya punggung putra ini akan kembali mengejar asa untuk turun di nomor 50 meter gaya punggung putra. Selain itu akan turun di sekor putri lewat Kania Anak Agung Istri serta Nurul Fajar Fitriyati.

Selain nomor gaya punggung putra dan putri, atlet renang Indonesia juga akan turun di 4 x 100 meter gaya ganti beregu putra, 200 meter gaya ganti perorangan putra lewat Muhammad Hamgari, 100 meter gaya bebas putra lewat Ahmad Mustaghfirin dari sektor putri lewat Sagita Putri Krisdewanti dan Joanita Mutiara Hapsari.

“Yang jelas hasil perolehan medali ini merupakan gambaran untuk SEA Games nanti. Prestasi mereka sudah mendekati senior,” kata Chief de Mission kontingen Indonesia, Ade Lukman.

Menurut dia, dengan raihan medali di AYG diharapkan bisa dilanjutkan ke kejuaraan-kejuaraan berikutnya. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan secara berkesinambungan serta memperbanyak ujicoba atau try out.

“Negara tetangga seperti Thailand, Singapura dan Malaysia sudah serius dalam memberikan perhatian kepada atlet muda. Untuk itu Indonesia harus secepatnya menyesuaikan,” katanya menambahkan.

Pada AYG 2013 beberapa cabang olahraga unggulan Indonesia gagal menyumbangkan medali seperti halnya bola basket. Anak asuh Youbel Sondakh ini gagal masuk semifinal dan hanya finis diurutan ketujuh setelah pada pertandingan terakhir kalah dari Thailand dengan skor tipis 9-10.

Cabang squash nomor beregu putra juga gagal menambah pembendaharaan medali bagi kontingen Merah Putih, setelah pada dua pertandingan terakhir babak penyisihan grup B, kandas di tangan Kuwait dan Hongkong dengan poin yang sama 1-2.

Kekalahan itu menempatkan Indonesia di posisi empat klasemen grup dengan raihan tiga kali kalah dan dua kali menang atas Jepang (2-1) serta Thailand (3-0). Malaysia dan Hongkong yang berhak melaku ke semifinal setelah menampati juara dan runner-up grup B. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR