PALEMBANG-(TribunOlahraga.com)

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan akademi catur untuk membina para atlet yang ada di daerah ini supaya lebih berkualitas.

Peresmian akademi catur tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh gubernur di belakang Palembang Trade Center Palembang, Rabu.

Gubernur mengatakan, siswa akademi catur tersebut merupakan pelajar pilihan dan terseleksi dengan baik karena memiliki IQ diatas 130 dengan daya ingat lebih dari 80 persen.

Ini cukup baik karena kemampuan memiliki IQ tersebut sulit didapat, kata dia.

Sementara lokasi akademi catur tersebut bersifat sementara dan direncanakan akan dipindahkan ke Jakabaring Palembang.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal ini karena Jakabaring sekarang ini sudah menjadi kawasan olahraga internasional sehingga wajar bila akademi catur juga berada di sana. Sementara akademi catur tersebut Pememerintah Provinsi Sumsel menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar dari APBD, namun bila kurang nantinya akan ditambah.

Menurut dia, akademi catur ini yang pertama dan pihaknya akan terus memperbaiki fasilitas yang ada.

Selain memiliki IQ tinggi, pecatur juga harus punya gizi yang baik dengan pola kehidupan secara teratur.

Sehubungan itu pihaknya minta bagi yang mengelola akademi tersebut bukanlah ajang untuk mencari keuntungan karena sekolah tersebut sebagai kebanggaan Provinsi Sumsel dan tentu harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Sumsel Badrullah Daud Kohar mengatakan, ide atas pendirian akademi catur itu berasal dari usulan gubernur Sumsel.

Mengenai murid yang sekolah di akademi catur tersebut anak-anak yang diseleksi dari kabupaten dan kota se-Sumsel.TOR-12

 

TINGGALKAN KOMENTAR