BANDUNG-(TribunOlahraga.com)

Biaya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX yang akan berlangsung di Provinsi Jawa Barat tahun 2016 mendatang diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp1 triliun lebih.

“Tadi juga dibahas soal PON ke-XIX tahun 2016. Karena kan ini, pelaksanaan PON di Jawa Barat ini anggarannya cukup besar mencapai Rp1 triliun,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja, di Bandung, Senin.

Ditemui usai menghadiri Rapim bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Deny mengatakan saat ini usulan biaya PON ke-XIX bahkan sudah mencapai Rp800 miliar.

“Sekarang saja, usulan yang saya terima sudah mencapai Rp800 miliar,” kata Deny.

Ia menuturkan, dalam waktu dekat ini tim dari Pemprov Jawa Barat dan Komite Olahraga Nasional (KONI) pusat akan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo.

Menurut dia, untuk menunjang pelaksanaan PON ke-XIX tersebut setidaknya dibutuhkan sebanyak 43 venue baru.

“Tapi jumlah itu di luar yang baru karena ada kategori renovasi dan sewa jadi anggarannya cukup besar,” ujarnya.

Dalam melaksanakan PON ke-XIX ini, masih kata Deny, Pemprov Jawa Barat akan sangat berhati-hati agar tidak ada celah untuk terjadinya tindak pidana korupsi di dalamnya.

“Jadi masalah PON itu banyak masalahnya, kita harus ekstra hati-hati maka dibuatkan khusus dan sebentar lagi akan dibentuk tim khusus antara pemprov dan pusat,” katanya. TOR-15

 

TINGGALKAN KOMENTAR