Andalan Emas DKI di Nomor 110 Meter Gawang
Meski baru empat tahun mengenal atletik, tepatnya tahun 2009 lalu prestasi Ken Ayuthaya Purnama mulai menggeliat. Putri ketiga dari tiga bersaudara pasangan Sutedja (ayah) dan Eka Erna (ibu)  itu pada Agustus lalu mempersembahkan medali perunggu nomor lari 110 meter gawang bagi kontingen Indonesia di ajang Asian Youth Games (AYG) III yang digelar di Nanjing, Cina.
Di pesta olahraga khusus remaja se Asia itu, Ken Ayuthaya mencatat waktu 14,45 detik. Gadis kelahiran Jakarta 27 Januari 1997 ini, harus mengakui keunggulan atlet Jepang, Fujimori Nana yang merebut medali emas dan atlet Vietnam, Nguyen Thilan sebagai peraih perak.
”Walau hanya perunggu, itu merupakan prestasi terbaik saya yang pertama di even internasional. Saya jelas bangga apalagi sukses tersebut meloloskan saya secara otomatis ke Olimpiade Youth Games (OYG) 2014 yang juga digelar di Nanjing, Cina,”kata pengagum peraih medali emas nomor 110 meter gawang putri Olimpiade 2012 London, Saly Pearsoe dari Australia itu.
Berbekal prestasi yang membanggakan di AYG itulah, Ken Ayuthaya menjadi andalan tuan rumah DKI untuk merebut medali emas di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2013 ini.
Ken Ayuthaya pun optimis bakal merebut medali emas di pesta olahraga antar pelajar se Indonesia itu. Ia kemudian membeberkan fakta keberhasilannya merebut medali emas  di Kejurnas Remaja, April lalu.
Sebagai atlet yang prestasinya paling menonjol, Ken Ayuthaya dipercaya oleh panpel Popnas 2013 menjadi pembaca janji atlet pada upacara pembukaan, 14 September nanti di GOR Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Kuningan Jakarta Selatan.
”Saya bangga dan orang tua saya pun ikut bangga, ”kata atlet yang digadang-gadang calon pengganti seniornya, Dedeh Herawati, pemegang rekornas 110 meter gawang putri (13,17 detik) itu.
Ken Ayuthaya yang sebelumnya sempat menjadi atlet hoki itu juga menyimpan obsesi yakni memecahkan rekornas sekaligus melampaui prestasi Dedeh Herawati, menembus prestasi Asia.TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR