PALEMBANG-(TribunOlahraga.com)

Dua negara peserta Islamic Solidarity Games III Kuwait dan Arab Saudi mendapatkan upacara penyambutan berupa pengibaran bendera dari tuan rumah Indonesia di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Kamis, dalam acara bertajuk “Flag Raising Ceremony”.

“Secara resmi baru dua negara yang mendapatkan penyambutan resmi dari tuan rumah meski sejauh ini telah ada sembilan negara yang menginap di Wisma Atlet,” kata Staf National Olympic Committees Panitia Pelaksana Islamic Solidarity Games III (InaISGOC) Sumatera Selatan Diana Puspita.

Ia mengemukakan, pengibaran bendara ini merupakan bentuk penghormatan terhadap negara peserta yang bersedia berpartisipasi pada perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam itu.

“Untuk sembilan negara lainnya direncanakan akan dilaksanakan setelah seluruh kontingennya lengkap berada di Palembang, namun diperkirakan pada 21 September sudah terpasang semua bendera negara peserta,” katanya.

Pada acara seremonial di pelataran Wisma Atlet itu, dilakukan pengibaran bendera Arab Saudi dan Kuwait dengan diiringi lagu kebangsaan masing-masing.

Kemudian, panitia penyelenggara memberikan cederamata kepada perwakilan kedua negara sebagai ungkapan selamat datang.

Sementara, perwakilan dari Arab Saudi membagi-bagikan air zam-zam dan Al Quran kepada para undangan yang menyaksikan acara tersebut.

Sebanyak 44 negara ambil bagian pada perhelatan olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam, yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Iraq, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, dan Suriah, Tajikistan.

Kemudian, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh, dan Chad.

Menurut Ketua Deputi III InaISGOC Samuel Chatib mengatakan sekitar 700 orang atlet dan ofisial dari 26 negara telah berada di Palembang.

“Diperkirakan kontingen besar akan berdatangan pada 20-21 September,” katanya.

Perhelatan olahraga ISG itu sendiri telah mempertandingkan cabang olahraga bola basket pada Minggu (15/9) dan sepak bola (19/9) meskipun secara resmi akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 September 2013 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.TOR-10

TINGGALKAN KOMENTAR