JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Luis Suarez memahkotai kembalinya ia ke Liga Utama Inggris dengan torehan dua gol ketika Liverpool menang 3-1 atas klub penghuni dasar klasemen Sunderland pada Minggu, untuk menduduki peringkat kedua di klasemen.

Setelah menyelesaikan hukuman sepuluh pertandingan karena menggigit bek Chelsea Branislav Ivanovic pada musim lalu, Suarez mencetak gol pada tiap-tiap babak di Stadium of Light ketika Liverpool mengakhiri rentetan tiga pertandingan tanpa kemenangan, lapor AFP.

Daniel Sturridge membawa Liverpool memimpin melalui gol kelimanya musim ini, di mana Emanuele Giaccherini membalas satu gol untuk Sunderland pada awal babak kedua setelah Suarez mengubah skor menjadi 2-0.

“Ia mendapatkan penghargaan untuk kerja kerasnya selama periode dirinya absen,” kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers mengenai Suarez, yang sudah dapat kembali bermain pada pertandingan tengah pekan di Piala Liga ketika Si Merah kalah dari Manchester United.

“Saya pikir ia tampil cemerlang pada malam lain di Old Trafford, namun untuk tampil dan mencetak dua gol…”

“Ia dan Daniel di depan, mereka benar-benar, benar-benar berguna. Kami sedikit mengubah sistem kami untuk menyesuaikan dengan pemain-pemain yang kami miliki dan itu berfungsi dengan baik bagi kami, (formasi) 3-4-1-2.”

“Dua ujung tombak di struktur ini merupakan pengecualian. Mereka berkombinasi dengan sangat baik.”

Ini merupakan pertandingan liga pertama Sunderland sejak pemecatan pelatih Paolo Di Canio, namun meski mereka sekarang terpaut empat angka dari zona aman, pelatih sementara Kevin Ball mengaku cukup senang dengan penampilan timnya pada babak kedua.

“Kami kecewa dengan hasilnya, namun pada babak kedua terdapat reaksi fantastis dari kondisi tertinggal 0-2,” ucapnya.

“Saya tidak berpikir skor 3-1 merupakan refleksi yang adil terhadap pertandingan ini. Jika Anda melihat hari ini secara keseluruhan, saya pikir kami melakukan penampilan bagus.”

Kedua tim kerap mengancam dari situasi bola-bola mati, Keiren Westwood menggagalkan peluang kapten Liverpool Steven Gerrard dan upaya Sebastian Larsson membentur mistar gawang tim tamu, sebelum tim tamu unggul melalui situasi janggal pada menit ke-28.

Tendangan penjuru Gerrard dari sisi kiri diteruskan Sturridge yang tidak terkawal di tiang gawang belakang dan meski ia berusaha menyundul bola, yang terjadi sebenarnya adalah sikunya mengenai bola sebelum bola masuk ke gawang.

Bagaimanapun para pemain Sunderland tidak memprotes gol tersebut, dan delapan menit berselang Sturridge mengirimkan umpan silang mendatar dari sisi kanan yang diteruskan Suarez dengan sentuhan ringan untuk mencatatkan gol perdananya sejak menyelesaikan masa hukuman skorsnya.

Pemain Uruguay itu merayakannya dengan mengangkat bagian depan kausnya untuk memperlihatkan gambar keluarganya dengan putranya yang baru lahir pada Kamis, Benjamin.

Tuan rumah segera bereaksi, dan setelah mantan kiper Sunderland Simon Mignolet mampu melakukan penyelamatan dengan kakinya untuk menggagalkan peluang Craig Gardner dan tembakan Adam Johnson melambung tinggi, mereka akhirnya mampu memperkecil ketinggalan pada menit le-52.

Mignolet dapat menepis tembakan mendatar dari Ki Sung Yueng, dan Giaccherini segera menyambar bola muntah dengan kaki kirinya.

Terdapat beberapa peluang untuk kedua tim, Mignolet kembali menggagalkan peluang Gardner, sedangkan Westwood melakukan penyelamatan terhadap sepakan Victor Moses dan Kolo Toure, sebelum Suarez menyarangkan gol keduanya dari umpan silang Sturridge pada menit ke-89.

Sebelumnya, Norwich City menang 1-0 atas Stoke City di Stadion Britannia untuk mencatatkan kemenangan kedua mereka di liga musim ini dan satu-satunya kemenangan tandang mereka pada 2013.

Pelatih Stoke Mark Hughes kerap dipuji karena memperkenalkan pendekatan yang lebih berorientasi pada penguasaan bola sejak menggantikan Tony Pulis pada musim panas, namun kali ini timnya menampilkan permainan yang tidak biasa.

Jonathan Howson mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini pada menit ke-34 melalui sepakan mendatar yang gagal dihentikan kiper Stoke Asmir Begovic.

Kedua tim kini memiliki rekor identik setelah melalui tujuh pertandingan musim ini, dan duduk tiga angka di atas zona degradasi.

“Ini tempat yang berat untuk didatangi. Kami memiliki beberapa peluang bagus ketika kami mendominasi penguasaan bola,” kata pelatih Norwich Chris Hughton.

“Ini mengenai mengambil nilai-nilai dan mudah-mudahan ini akan memberikan kepercayaan diri kepada kami.”

Hughes geram ketika Stoke tidak mendapat hadiah penalti setelah Leroy Fer terlihat menjatuhkan Kenwyne Jones pada awal babak kedua.

“Jika wasit melihatnya, ia akan setuju bahwa terjadi pelanggaran,” kata pria asal Wales ini.

“Kenwyne Jones berusaha untuk menguasai bola; peraturan pertandingan menyebutkan bahwa itu semestinya menjadi penalti.”

Arsenal unggul dua angka bersih di puncak klasemen menyusul kemenangan 2-1 di markas Swansea City pada Sabtu, sedangkan Manchester City kalah 2-3 atas tuan rumah Aston Villa dan Manchester United secara mengejutkan takluk 1-2 dari West Bromwich Albion di Old Trafford. TOR-03

 

TINGGALKAN KOMENTAR