JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Indonesia Open Chess Championships (IOCC) III/2013 baru saja berakhir. Pada Kamis, (17/10) malam turnamen catur paling bergengsi di Indonesia dan bahkan terbesar di Asia itu, secara resmi ditutup Ketua Umum PB.Percasi, Hashim Djojohadikusumo di Ruang Puri Ratna Hotel Grand Sahid Jaya.

Dalam wawancara dengan sejumlah wartawan seusai menutup turnamen catur berhadiah total 100 ribu dolar AS itu, Hashim mengaku puas baik dari sisi penyelenggaraan maupun pencapaian prestasi para atlet Indonesia.

‘’Saya puas karena even ini mampu menciptakan suasana kompetisi yang amat ketat., Penentuan juaranya pun baru diketahui pada babak terakhir. Ini membuktikan, kualitas IOCC semakin meningkat,’’kata pengusaha sukses ini.

Menjawab pertanyaan apakah IOCC tahun depan akan mendatangkan pecatur top ten (10 besar dunia), Hashim mengatakan, prinsipnya setiap tahun kualitas IOCC harus meningkat.

‘’Memang saya dan pak Utut Adianto sedang memikirkan kemungkinan menjajagi untuk mendatangkan dua mantan juara dunia, GM Anatoly Karpov dan GM Garry Kasparov. Karpov minta uang fee 50 ribu dolar AS sementara Kasparov 100 ribu dolar. Nah ini yang kita pikirkan karena tahun depan itu kan ada pemilu yang pasti akan membutuhkan dana besar,’’papar abang kandung calon Presiden RI, Prabowo Subianto itu.

Sudah bukan rahasia umum lagi, Hashim memang menjadi ‘’mesin uang’’ tim sukses Prabowo menuju RI-1.

Menurut Hashim, jika rencana mendatangkan Karpov dan Kasparov itu belum bisa diwujudkan tahun depan, kemungkinan pada tahun berikutnya (2015) .

‘’Cita-cita saya menjadikan IOCC ini sebagai kiblat bagi para pecatur top dunia,’’demikian Hashim Djojohadikusumo. TOR-05.

TINGGALKAN KOMENTAR