JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Hamburg tetap tidak terkalahkan di tiga pertandingan liga di bawah asuhan pelatih Bert van Marwijk, setelah meraih satu angka saat mereka bermain imbang 3-3 dengan VfB Stuttgart yang mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain pada Minggu.

Mantan pelatih timnas Belanda Van Marwijk mengambil alih tim pada September, setelah pendahulunya Thorsten Fink dipecat menyusul start buruk di musim ini, termasuk kekalahan 2-6 dari Borussia Dortmund, lapor AFP.

Kapten Hamburg Rafael van der Vaart membuat timnya meraih satu angka ketika ia menyamakan kedudukan untuk ketiga kalinya bagi tuan rumah pada menit ke-67.

Stuttgart menghabiskan enam menit terakhir dengan sepuluh pemain setelah bek tengah Antonio Ruediger mendapatkan kartu merah akibat memukul iga gelandang Belanda Van der Vaart.

Setelah bermain imbang di Frankfurt dan menang 5-0 atas Nuremberg, tambahan satu angka mengangkat Hamburg ke peringkat ke-14 di liga, setelah sempat menduduki zona degradasi saat siambil alih Van Marwijk, sedangkan Stuttgart berada di peringkat kedelapan.

Pada Sabtu, Bayern Munich memperpanjang laju tidak terkalahkan di Liga Jerman (Bundesliga) menjadi 34 pertandingan pada Sabtu, dengan bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-1 atas tamunya Mainz dan kembali memuncaki klasemen liga.

Setelah menelan kekalahan untuk terakhir kalinya di Liga Jerman pada Oktober 2012, Bayern sekarang hanya terpaut dua pertandingan dari rekor Hamburg yang telah bertahan selama 30 tahun, yakni laju 36 pertandingan tidak terkalahkan secara berturut-turut.

Bayern mendapat hukuman untuk penampilan yang buruk pada babak pertama di Munich ketika penyerang Mainz Shawn Parker membawa timnya unggul setelah memaksimalkan kesalahan bek tengah Jerome Boateng.

Namun Bayern bangkit ketika gelandang Jerman Mario Goetze masuk sebagai pemain pengganti dan memainkan peran kunci bagi gol pertama dari tiga gol timnya di babak kedua.

Ia memberikan operan yang terarah kepada mengarah kepada Arjen Robben membuat sang pemain sayap itu dapat menyamakan keduduan pada menit ke-50 dan dua menit kemudian, Goetze berkombinasi dengan pemain Belanda itu untuk mendapatkan peluang yang dituntaskan pemain Jerman Thomas Mueller untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Saat Bayern akhirnya memanfaatkan secara maksimal keunggulam 80 persen penguasaan bolanya, Goetze memberikan umpan silang bagi Mario Mandzukic yang mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-69.

Dan ketika wakil kapten Bayern Bastian Schweinsteiger dilanggar di area terlarang, Mueller mengeksekusi penalti untuk menorehkan gol keduanya saat pertandingan tinggal menyisakan delapan menit untuk membuat timnya menang 4-1.

Kemenangan Bayern ini membawa mereka kembali ke puncak klasemen Liga Jerman setelah posisi itu sempat diambil alih oleh Bayer Leverkusen pada Jumat, berkat kemenangan kontroversial 2-1 mereka atas tuan rumah Hoffenheim.

Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) siap melakukan penyelidikan saat Hoffenheim meminta disajikan tayangan ulang setelah Stefan Kiessling mencetak gol kemenangan pada menit ke-70 melalui situasi yang tidak biasa.

Tayangan ulang memperlihatkan gol sundulan kepalanya masuk gawang melalui jaring sisi samping gawang dan pengadilan olahraga DFB akan melakukan pertemuan pada Senin.

Schalke, yang akan menjamu Chelsea di Liga Champions pada Selasa, memerlukan gol kemenangan pada menit ke-91 dari Roman Neustaedter dapat mengunci kemenangan 3-2 atas tuan rumah tim juru kunci Eintracht Braunschweig.

Borussia Dortmund, yang akan dijamu Arsenal pada Selasa di Liga Champions, tetap menghuni peringkat kedua melalui kemenangan 1-0 atas tamunya Hanover 96.

Pemain sayap Jerman Marco Reus mencetak gol kemenangan melalui eksekusi penalti saat pertandingan tinggal menyisakan empat menit, ketika bek asal Jepang Hiroki Sakai melanggar bek kiri Erik Durm di kotak terlarang.

Borussia tetap menghuni peringkat kedua dan memiliki koleksi angka yang sama, 22 angka, dengan tim peringkat ketiga Leverkusen, hanya terpaut satu angka dari Bayern.

Tim peringkat kedua dari bawah Freiburg mendapatkan satu angka berkat hasil imbang tanpa gol di markas Werder Bremen, sedangkan Eintracht Frankfurt bermain imbang 1-1 dengan tamunya Nuremberg.

Pada Minggu malam, Augsburg menjamu Wolfsburg. TOR-03

 

TINGGALKAN KOMENTAR