JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Dua raksasa sepak bola dari Benua Biru saling berhadapan untuk saling berduel demi berebut kemenangan karena Real Madrid dan Juventus sama-sama mahfum bahwa kemuliaan diperjuangkan bukan justru diberi secara cuma-cuma.

“Los Merengues” akan menjamu “I Bianconeri” dalam laga ketiga Grup B Liga Chamipions yang digelar di Santiago Bernabeu, pada Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Real Madrid sedang dibelai dua kemenangan. Pasukan asuhan Carlo Ancelotti itu menekuk Kopenhagen 4-0 dalam laga kandang, dan melibas Galatasaray 6-1 di Turki.

Sebaliknya, Juventus menuai aib kekalahan 2-4 dari Fiorentina di kompetisi Liga Italia (Serie A). Hasilnya, mereka tertinggal lima poin di belakang pemimpin klasemen Liga Italia, AS Roma.

Penampilan Madrid di Liga Spanyol (La Liga) mencitrakan kesan cerah dengan mengalahkan Malaga 2-0 pada pekan ini. Dan Real belum pernah kalah manakala bertanding di kandang.

Situasi hati Real campur aduk. Rapor Carletto menghadapi Juventus tidak selalu melaju mulus, hanya empat kali menang (satu bersama Parma, tiga kali bersama Milan), 11 kali beroleh hasil imbang dan lima kali kalah.

Nah, layaknya sebuah drama yang disesaki harapan, Gareth Bale diharapkan tampil di menit-menit awal kalau memang ia sudah pulih benar. Opsi ini terbilang seksi dan sudah tersimpan di saku Ancelotti.

Pilihan juga menjangkau Raphael Varane dan Karim Benzema. Kedua pemain ini absen ketika menghadapi Malaga pada Sabtu pekan lalu.

Antonio Conte menerima warta sukacita. Arturo Vidal telah pulih dari cedera otot dan siap turun menggedor pertahanan Madrid.

Kahadiran Vidal membuat arus serangan Juventus berapi-api. Ia bakal dijodohkan bersama Andrea Pirlo, Kwadwo Asamoah, Paul Pogba dan Claudio Marchisio.

Juventus bakal ketar-ketir, karena Madrid diperkuat Christiano Ronaldo yang telah mencetak lima gol dalam ajang Liga Champions musim ini. Ia bahkan membuat hat-trick ketika melawan tim dari Denmark. Bintang asal Portugal itu menjadi top skor musim lalu dengan mengemas 12 gol.

Boleh jadi, laga melawan Juventus kali ini, ada faktor CR7 yang mempengaruhi jalannya pertandingan, utamanya kemenangan bagi tim tuan rumah.

Carletto, panggilan Ancelotti, punya pekerjaan rumah untuk memperbaiki lini tengah agar roda lokomotif Madrid dapat dinamis di musim ini. Iker Casillas menjadi opsi di bawah mistar Madrid menghadapi raksasa dari Italia itu.

Sergio Ramos tampak sudah berlatih pada Senin lalu, begitu pula  dengan Dani Carvajal, Pepe, Fabio Coentrao dan Marcelo.

Sampai Sabtu pekan lalu, Bale belum pulih benar dari deraan cedera. Empat pemain lini depan siap menerkam lawan. Mereka adalah Angel Di Maria, Isco, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Dan Carletto seakan memutar roda nasib. Ia yang pernah melatih Juventus, kini justru berhadapan dengan Conte yang  nota bene mantan anak asuhannya itu. Boleh dibilang, laga guru melawan muridi berlangsung di Santiago Bernabeu.

Komentar dua pelatih:

Carlo Ancelotti (Real Madrid):
“Apa yang telah berubah sejak saya melatih Juve? Rambut saya. Tidak banyak hal yang berubah. Sekarang saya punya segudang pengalaman. Pengalaman saya selama di Juventus sungguh penting dalam perjalanan karier saya sebagai pelatih dan sebagai pribadi.”

“Hasilnya mungkin saja tidak terlalu cemerlang meski segudang pengalaman dan kenangan demikian berlangsung indah mengesankan. Juventus punya sederet pemain berkualitas. Arturo Vidal pemain yang sangat penting. Nalurinya mencetak gol sungguh mengancam lawan.”

“Kami bermain apik ketika melawan Malaga di pekan ini. Saya kira kami mengalami peningkatan sejak awal musim ini. Kami tampil lebih percaya diri dan mampu tampil dengan intensitas tinggi menjulang.”

“Para pemain hebat mampu senantiasa tampil bersama pemain lain. Cristiano (Ronaldo) dan (Gareth) Bale selama ini tidak menemukan kendala ketika mereka tampil bareng. Cristiano senantiasa dapat beroperasi dari lini sayap meski dapat juga beroperasi lebih dalam, dengan begitu ia mampu mencetak 50 gol dalam semusim.”

Antonio Conte (Juventus):
“Pertandingan ini amat menggaraihkan dan menantang bagi kami. Apa yang terjadi ketika kami menghadapi Fiorentina sungguh menjadi bahan pertimbangan, seperti laga di ajang Liga Champions antara Milan dan Liverpool atau Manchester United dan Bayern.”

“Segala sesuatunya dapat saja terjadi dalam sepak bola. Posisi kami di klasemen liga menjadi bukti. Kami unggul di penguasaan bola dan mampu bermain ofensif.”

“Kami senantiasa belajar dari kesalahan dan mencoba menemukan pemecahannya. Kami terus berusaha maju berkembang. Dan saya kira mereka mengalami perkembangan pesat di bawah (arahan Conte) dalam setengah tahun ini.”

“Besok kami akan mengaduk-aduk emosi setiap orang. Kami tahu bahwa pertandingan bakal berjalan seru. Real Madrid tim terbaik di dunia. Mereka telah mencatat sejarah panjang sebagai tim tangguh, dan menjadi idola bagi banyak orang.”

“Mereka tampil sebagai tim yang termotivasi untuk menang. Kami telah mempelajari Real Madrid, mereka kuat dalam penguasaan bola, utamanya kalau kami memberi mereka ruang gerak.”

“Kami tidak takut. Saya menghormati perjalanan karier yang telah dilakoni Ancelotti sebagai pelatih karena ia punya segudang pengalaman. Saya pernah diasuh dia selama dua tahun. Pengalaman itu sungguh berarti.”

Prakiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-2-3-1):
Lopez (penjaga gawang); Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Khedira, Illarramendi; Ronaldo, Isco, Bale; Benzema.

Juventus (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Isla, Asamoah, Pirlo, Pogba; Marchisio; Tevez, Llorente.

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Real Madrid 3-1 Juventus (20,3 persen)
* Real Madrid 3-0 Juventus (10,56 persen)
* Real Madrid 2-1 Juventus (10,06 persen)

Head to Head
Peace Cup 2009 (PC)
31 Juli 2009     Juventus 2 – Real Madrid 1

UEFA Champions League (UCL)
5 Nov 2008     Real Madrid 0 – Juventus 2
21 Oct 2008     Juventus 2 – Real Madrid 1

Lima laga terakhir:

Real Madrid
19 Oct 2013    Real Madrid 2 – Malaga 0    LIGA
5 Oct 2013    Levante 2 – Real Madrid 3    LIGA
2 Oct 2013    Real Madrid 4 – Copenhagen 0    UCL
28 Sep 2013    Real Madrid 0 – Atletico Madrid 1    LIGA
25 Sep 2013    Elche 1 – Real Madrid 2    LIGA

Juventus
20 Oct 2013    Fiorentina 4 – Juventus 2    SR-A
6 Oct  2013    Juventus 3 – Milan 2    SR-A
2 Oct  2013    Juventus 2 – Galatasaray 2    UCL
29 Sep 2013    Torino 0 – Juventus 1    SR-A
25 Sep 2013    Chievo 1 – Juventus 2    SR-A

Hasil laga pekan lalu:
* Sabtu (19/10): Real Madrid 2-0 Málaga CF (Di María 46, Ronaldo 90pen)
Susunan pemain:
López; Carvajal, Pepe, Ramos, Marcelo; Khedira, Illarramendi, Isco (Modrić 73); Di María (Rodríguez 81), Morata (Bale 76), Ronaldo.

* Sabtu (19/10): ACF Fiorentina 4-2 Juventus (Rossi 66pen 76 80, Joaquín 78; Tévez 37pen Pogba 40)
Susunan pemain:
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Padoin (Motta 83), Pogba, Pirlo, Marchisio (Vidal 77), Asamoah (Giovinco 80); Tévez, Llorente.

Narasi prediksi:
* Mengamati penampilan Real Madrid di kandang dalam ajang La Liga, penampilan mereka sungguh jempolan. Sementara penampilan Juventus di laga tandang sungguh tidak mengecewakan.
* Laga Madrid kontra Juventus mendemonstrasikan adu lihai di lini tengah.
* I Bianconeri perlu ekstra kerja keras untuk meraih kemenangan demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.  Motivasi ini perlu diwaspadai oleh pasukan Madrid. Juventus memang tidak sedang terpuruk. Andrea Pirlo siap bangkit, apalagi lawan kali ini bukan lawan enteng. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR