JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Untuk ketujuh kalinya Yayasan Pembina Olahraga Tenis Indonesia (Yaporti) dan sekolah Jubilee kembali menyelenggarakan turnamen tenis usia muda ATF U-14  2013 yang berlangsung 5-10 Nopember mendatang di Lapangan Tenis Yaporti kawasan Sunter Jakarta Utara.

Turnamen yang melibatkan 94 peserta dari 12 negara di kawasan Asia ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi petenis muda Indonesia.

“Dengan turnamen yunior seperti ini, diharapkan bisa membantu petenis muda Indonesia agar mempunyai rangking ATF U-14 nantinya. Saya berharap mereka dapat meraih gelar juara dan rangking ATF,” kata Martina Widjaja, Wakil Presiden  Asian Tenis Federation, dalam jumpa pers di Jubille International School, Jakarta, Senin (4/11).

Menurut Martina, turnamen ATF ini menjadi jembatan bagi petenis muda Asia untuk menembus prestasi dunia (ITF). Ia menilai, kerjasama antara Yaporti dan Jubilee ini intinya untuk membantu pembinaan tennis usia muda di Indonesia.

‘’Jujur saja Indonesia kekurangan turnamen tennis usia muda dan Yaporti dan Jubilee komitmen untuk membantu. Saya tak melihat orang per orang tetapi organisasi tennis nasional yakni Pelti,’’papar mantan Ketua Umum PB.Pelti itu.

Kerjasama Jubilee dan Pelti itu sendiri berlangsung sejak kepengurusan Martina Widjaya pada tahun 2002. Martina mengaku meski sudah tidak memimpin Pelti lagi, dirinya tak bisa lepas dari tennis.

Tenis memang sudah mendarah daging bagi seorang Martina Widjaya. Lebih dari separuh hidupnya dihabiskan di dunia tennis.

Sementara itu Ida Farida selaku pendiri sekolah Jubilee mengatakan, keterlibatan Jubilee dalam turnamen ini sesungguhnya karena panggilan jiwa. Tenis dan pendidikan sama-sama memiliki ruang untuk mengembangkan potensi anak bangsa yang berprestasi..

Secara keseluruhan, peserta dalam Turnamen Tenis Internasional ATF U-14 2013 mencapai 86 peserta (60 putra dan 26 putri) .Para peserta berasal dari negara di kawasan Asia Pasifik, seperti China, Hongkong, Singapura, Malaysia, India, Jepang, Filipina, dan Indonesia.

“Kejuaraan ini dapat melahirkan bibit-bibit muda tenis di kejuaraan dunia tenis U-14 ATF. Ajang ini sangat membantu dalam pengembangan petenis usia muda,” tambah Ketua Pengembangan Usia Muda, Aga Sumarno.

Babak kualifikasi turnamen ini diselenggarakan pada 3-4 November 2013. Babak utama diselenggarakan pada 5-10 November 2013. Baik babak kualifikasi maupun babak utama diselenggarakan di lapangan Yaporti, kawasan Sunter, Jakarta Utara. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR