JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Legenda hidup Manchester United Bobby Charlton meyakini kemenangan 1-0 sang juara bertahan liga dari Arsenal yang memuncaki klasemen Liga Premier adalah bukti klub itu akan mampu mempertahankan gelar dalam musim pertama di bawah pelatih baru David Moyes.

Kemenangan akhir pekan lalu di Old Trafford itu membuat United hanya terpaut lima poin di bawah the Gunners, sementara para pesaingnya menuju juara seperti Chelsea, Manchester City dan Tottenham Hotspur malah kehilangan poin.

United sempat hanya menang tiga kali dari delapan laga pertama liga musim ini di bawah Moyes yang datang menggantikan Alex Ferguson.

Tapi kini klub itu telah melewati sembilan laga pada semua kompetisi dengan tak sekali pun kalah.

Charlton yang menjadi kunci di balik sukses United di bawah kepelatihan Matt Busby pada 1950-an dan 1960-an itu senang manajer baru United mulai bisa membungkam keraguan atas dirinya.

“Ada sedikit kritik terlontar namun saya senang saya tak perlu ikut menjawabnya karena David telah menjawab sendiri kritik tersebut,” kata Charlton kepada United Review.

“Kami bukan jenis tim yang bisa merana di papan bawah klasemen dan adalah meyakinkan bisa menyaksikan kami bersama-sama mencetak hasil yang baik,” kata pemain yang mengantarkan Inggris juara Piala Dunia 1966.

“Kami menghadapi banyak publikasi soal perubahan manajer setelah begitu lama dan saya merasa tim sedikit kesulitan memenuhi harapan kami. Namun belakangan kami telah menjadi tim kelas atas lagi,” kata Charlton yang pernah membujuk klubnya menyewa dan mempertahankan Ferguson sebelum Ferguson mempersembahkan trofi pertama kepada United, yakni Piala FA pada 1990.

“Sekarang kami menapak lagi di klasemen dan itulah yang kami inginkan,” tegas Charlton yang mengantarkan United menjadi juara Inggris pada 1967 dan berperan kunci ketika klubnya menjadi tim Inggris pertama yang menjuarai Piala Eropa setahun kemudian.

“Saya kira kami masih sangat berpeluang memenangkan gelar juara,” kata pria berusia 76 tahun tersebut. “Kami punya kecenderungan memulai dengan lambat dan meningkat begitu musim berjalan.”

“Saya harus bersepakat dengan pernyataan Sir Alex Ferguson belakangan ini bahwa kami adalah satu-satunya tim di liga ini yang bisa memenangkan gelar liga dari posisi defisit (poin) yang besar,” demikian Charlton seperti dikutip AFP. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR