stefanova02BEKASI-(TribunOlahraga.com) Pecatur putri cantik asal Bulgaria yang juga juara dunia catur cepat, GM Antoaneta Stefanova masih terlalu tangguh bagi pecatur putri Indonesia WGM Medina Warda Aulia. Stefanova menang telak 5-1 atas Medina dari enam babak (empat babak catur kilat, dua babak catur cepat) dalam dwitarung yang digelar Ballroom Sekolah Catur Utut Adianto, Bekasi Senin (2/12/2013).

“Setelah kalah 0-3 di babak pertama, Medina mulai bermain dengan determinasi tinggi, meski tetap dibuat susah oleh lawan,” ujar Kristianus Liem, pengamat catur yang salah seorang pengurus PB Percasi.

Medina mula mengungguli Stefanova di tengah permainan, saat ia unggul dua pion, dan bahkan satu pion terakhir Medina tidak bisa dicegah untuk promosi. Maka, sang juara dunia catur cepat, yang juga juara dunia catur putri 2004-2006 itu pun menyerah di pertarungan kelima. Namun, di babak keenam Medina kembali harus mengakui ketangguhan Antoneta.

Hari ini, Rabu (4/12/2013) GM Stefanova akan bertarung melawa salah seorang pecatur putri terbaik Indonesia, WGM Irene Kharisma Sukandar. Sebanyak 6 partai yang mereka lakoni yang terdiri dari 4 partai kilat (blitz) dan 2 partai cepat (rapid). Pemenang dwitarung akan menerima hadiah 2.000 dolar AS, dan yang kalah 1.000 dolar.

“Selain untuk menambah pengalaman bagi kedua pecatur terbaik Indonesia ini, juga pengalaman bertanding melawan juara dunia ini diperuntukkan pula persiapan mereka tampil di pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2013 Myanmar mulai 11 Desember mendatang,” ujar Eka Putra Wirya, pengurus PB Percasi yang merupakan tokoh catur nasional.

“Meski kalah, hari pertama dwitarung ini Medina bisa memetik pelajaran. Medina salah satu pecatur putri terbaik kita tetap menunjukkan perlawanan. Semoga dwi tarung ini bermanfaat bagi dirinya,” tambah Eka.TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR