JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Adidas meluncurkan bola resmi yang akan digunakan pada Piala Dunia 2014 Brasil. Kualitas bola yang diberi nama Brazuca tersebut diyakini lebih baik dari pendahulunya, Jabulani (bola Piala Dunia 2010 Afrika Selatan).
Warna biru, hijau dan emas mendominasi penampilan “Brazuca”, bola resmi Piala Dunia 2014 di Brasil yang diluncurkan dalam sebuah upacara di Rio De Janeiro, kemarin. Kata “Brazuca” memiliki arti ganda, bisa berarti orang-orang Brasil yang merantau, termasuk para pemain sepakbola. Namun juga sebuah slang untuk menggambarkan rasa kebanggaan nasional.
Produsen alat olah raga Adidas menyebut produk bola ini merupakan sebuah inovasi terobosan yang revolusioner. Bola dihiasi dengan desain pita dengan warna biru, hijau, dan emas yang merupakan warna tradisional Brasil.
Bola ini akan mulai digunakan pada 12 Juni 2014 dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia di Sao Paulo dan akan terus digunakan hingga pertandingan final pada 13 Juli 2014 di Rio De Janeiro.
“Bola Piala Dunia FIFA akan menjadi ikon turnamen karena merupakan pusat perhatian dalam setiap gol, permainan dan sentuhan,” kata Ernesto Bruce, direktur sepakbola untuk Adidas Amerika. Bola Adidas telah digunakan dalam pertandingan Piala Dunia sejak 1970.
Meski begitu, bola-bola Piala Dunia selalu menimbulkan pro kontra dalam setiap perhelatan Piala Dunia. Para pemain -terutama pejaga gawang- sering mengeluh tentang tingkat kelicinan atau kecepatan gerak bola.
Brazuca telah diuji secara tertutup di beberapa pertandingan. Trio bintang timnas Inggris, yaitu Steven Gerrard, Frank Lampard dan Jermain Defoe terpilih sebagai model perilisan Brazuca.
Kabarnya, Brazuca memiliki kualitas yang mirip dengan bola Liga Champions dan Euro 2012. Tentu adidas menambahkan beberapa peningkatan mutu dari bola yang akan digunakan di Piala Dunia pada Juni tahun depan.
Menurut Mirror, Brazuca dibuat dengan struktural simetri dengan enam panel identi di samping struktur permukaan yang berbeda. Desain ini memberi pengingkatan pegangan, sentuhan, stabilitas serta aerodinamis di lapangan.TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR