JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Pecatur asal Universitas Krisnadwipayana, Kaisar Jenius Hakiki dan pecatur putri Yemy Jelsen dari Universitas Gunadarma Jakarta akhirnya menjuarai nomor perorangan Kejurnas Catur Mahasiswa VI/2013 yang berakhir Minggu (8/12/) di Auditorium Gedung Dikti Senayan Jakarta.
Pada babak terakhir, Kaisar memang dipaksai bermain remis melawan Santo Pratomo (AMIK Pakarti Luhur). Namun hasil itu sudah tak mempengaruhi posisi Kaisar karena nilainya sudah tak terkejar.
Kakak kandung pecatur putri andalan Indonesia WGM Irene Kharisma Sukandar ini mengoleksi poin tertinggi yaitu 8. Sukses Kaisar ini juga terbantu oleh hasil rival terdekatnya Donalto Runturabi (Universitas Sam Ratulangi) yang juga bermain remis melawan Revol Jordan (Universitas Merdeka Malang). Ini merupakan kali keempat Kaisar Jenius mengikuti kejurnas catur mahasiswa.
Pada 2009, dia nyaris menjadi juara tapi ada kasus. Sedangkan pada 2012, dia ikut kelas beregu putra bersama almamaternya Universitas Gunadarma.
Namun dibalik kesuksesannya di kejurnas mahasiswa ini, Kaisar Jenius mengaku sedikit kecewa tak bisa ikut SEA Games XXVII/2013 yang kini tengah berlangsung di Myanmar..
“Saya terganjal usia. Yang dipilih pemain dibawah usia 20 tahun. Pada 2011, saya berhasil ikut SEA Game lewat seleksi,” katanya kepada TribunOlahraga.com.

Soal persaingan di kejurnas catur Mahasiswa VI 2013, Kaisar menilainya lebih berat. Meski dia berhasil menang 7 kali dan remis dua kali dari 9 babak yang dilombakan.
“Persaingan tahun ini lebih berat karena dulu mahasiswa yang main catur. Sekarang, banyak yang sudah menjadi atlet dan usianya sudah masuk jenjang kuliah,” tuturnya.
Sementara itu juara putri, Yemy Jelsen mengaku gembira karena bisa menjuarai kejurnas antar mahasiswa ini. ‘’Bangga karena saya bertanding membawa bendera perguruan tinggi,’’katanya.
Wakil Ketua Umum PB.Percasi GM Utut Adianto yang menutup secara resmi kejurnas catur antar mahasiswa 2013 ini mengatakan, ada dua hal penting yang bisa dipetik dari even ini. Pertama, antusias peserta yang begitu tinggi dan yang kedua, adanya persaingan yang ketat.
‘’Justru saya berharap kejurnas catur antar mahasiswa ini semakin menunjukkan kualitasnya,’’papar Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu.
Kejurnas Catur Antara Mahasiswa yang merupakan kerjasama Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud dan PB.Percasi itu, tahun depan akan digelar di Makassar, Sulsel.

Hasil Akhir Kejurnas Catur Mahasiswa

Perorangan Putra

1 Kaisar Jenius Hakiki: 8 poin
2 Donalto Runturambi: 7,5
3 Revol Jordan: 7
4 Santo Pratomo: 7
5 Gede Agus Sinarbawa: 6,5
Perorangan Putri

1 Yemi Jelsen: 8,5 poin
2 Yuliana Santosa: 7
3 Tri Prisma Jayanti: 6,5
4 Virda Rizki Aulia: 6
5 Puspita Sari:5,5
Beregu Putra

1 STEI “A” : 17 Poin
2 UNPAD : 14
3 GUNADARMA: 13
4 STEI “B” : 13
5UNIV. BRAWIJAYA “A” : 12
Beregu Putri

1 GUNADARMA “A” : 17
2 GUNADARMA “B”: 17
3 UNIV. BRAWIJAYA: 14
4 UNY :11
5 UNIV. HASANUDDIN: 10 TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR