JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Juara Monte Carlo Stanislas Wawrinka bergabung dengan sesama petenis Swiss Roger Federer yang tersingkir dari ATP-WTA Roma Masters pada Kamis, ketika cedera punggung membuat dirinya takluk 7-5, 2-6, 3-6 dari unggulan ke-15 Tommy Haas.

Petenis 36 tahun itu sekarang telah memenangi kedua pertandingannya melawan Wawrinka, finalis 2008 di Foro Italico, lapor AFP.

Andy Murray, yang mengundurkan diri dari ajang ini karena cedera punggung setahun silam dan tiba-tiba perlu menjalani operasi, meraih kemenangan atas Jurgen Melzer dengan ace keenamnya untuk menorehkan hasil 7-6 (7/1), 6-4 yang membuat ia melaju ke babak perempat final lapangan tanah liat kedua secara beruntun setelah Madrid sepekan silam.

Petenis Jerman Haas mengakhiri pertandingan dengan tujuh ace berbanding delapan ace milik Wawrinka, yang tidak dapat menahan keunggulan sepanjang pertandingan yang berlangsung selama dua jam. Sang pemenang melepaskan 32 pukulan kemenangan, sedangkan Wawrinka justru mencatatkan 40 “unforced error.”

Haas mematahkan servis lawannya pada set ketiga untuk unggul 5-3, kemudian menuntaskannya dengan ace pada game berikutnya untuk meraih match point pertamanya.

Wawrinka mengatakan bahwa setelah memainkan pertandingan di kondisi cuaca yang dingin dua hari sebelumnya, ia mulai merasakan sakit pada punggungnya.

Namun pengalaman memberitahukan bahwa ia tidak peru khawatir itu merupakan masalah serius, dan semestinya tidak mempengaruhi peluang-peluangnya untuk Roland Garros yang akan dimulai 10 hari ke depan.

“Sulit untuk memberikan intensitas. Saya mengetahui punggung saya, saya hanya memerlukan istirahat – mungkin cukup dua hari – Namun saya tidak mencemaskannya,” tuturnya.

“Saya bermain karena saya ingin mencoba. Tidak mudah untuk mengerahkan seluruh energi saya ke dalam permainan. Saya memenangi set pertama bahkan jika saya tidak memainkan permainan terbaik.”

“Meski demikian, saya tetap berpikir bahwa saya memiliki peluang untuk memenanginya. Ia lebih agresif di set kedua, dan melakukan lebih banyak hal di lapangan.”

Murray sekarang menggenggam rekor sempurna 7-0 atas petenis Autria Melzer, yang kembali ke lapangan setelah pulih dari masalah-masalah bahu.

Sang pemenang hanya memerlukan waktu satu jam 45 menit di atas lapangan tanah liat, ketika kepercayaan dirinya untuk lapangan yang kurang difavoritkannya mulai berkembang.

Unggulan kedelapan asal Kanada Milos Raonic mencapai perempat final Roma pertamanya dengan mengalahkan unggulan ke-11 asal Prancis Jo-Wilfried Tsona 7-6 (7/5), 6-4.

Jeremy Chardy, yang mengalahkan Federer 24 jam sebelumnya, mempertahankan momentumnya dengan mengalahkan Ivan Dodig 6-3, 6-2.

Pada kategori putri, unggulan kedua asal Tiongkok Li Na mengalahkan Samantha Stosur 6-3, 6-1 untuk mencapai perempat final, membalikkan momentum pada rivalitas panjang di antara kedua petenis ini.

Stosur, finalis Roland Garros 2010, telah mengalahkan petenis peringkat kedua dunia Li dalam enam pertemuan sebelumnya sejak 2007.

Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua beruntunnya atas lawan asal Australia, setelah mengalahkan petenis kualifikasi Casey Dellacqua pada putaran sebelumnya.

Namun atlet papan atas Tiongkok ini unggul mutlak atas Stosur seperti yang terlihat di papan skor dengan kemenangan pertamanya, yang dicapai dalam waktu 68 menit dengan lima break terhadap petenis Australia 30 tahun itu.

“Hari ini saya sangat fokus pada apa yang saya lakukan di lapangan untuk memberi tekanan terhadapnya,” tutur Li. “Memberi tekanan merupakan kunci pada pertandingan, jika tidak ia dapat mengendalikan Anda sepenuhnya.”

“Saya sekarang merasa saya memainkan pertandingan-pertandingan berkualitas tinggi.”

Li akan memainkan pertandingan perempat final melawan unggulan kesepuluh asal Italia Sara Errani, yang menaklukkan petenis Ceko Petra Cetkovska dengan skor 6-3, 7-6 (7/3).

Li menyelesaikan Roma 2012 sebagai runner up, menggenggam match point atas sang juara Maria Sharapova.

Juara Australia Terbuka Li sekarang mengincar trofi ketiganya musim ini ketika ia mempersiapkan diri untuk Prancis Terbuka, yang ia juarai pada 2011.

Unggulan ketiga asal Polandia Agnieszka Radwanska menyingkirkan veteran Italia Francesca Schiavone, juara Prancis Terbuka 2010, dengan skor 6-4, 6-1.

Ana Ivanovic memberi Maria Sharapova kekalahan perdananya di lapangan tanah liat musim ini, ketika ia menaklukkan unggulan kedelapan asal Rusia itu dengan skor 6-1, 6-4.

Sharapova meraih gelar secara beruntun di Stuttgart dan Madrid, yang diisi dengan puluhan kemenangan dua set langsung.

Ivanovic, juara Roland Garros 2008 sekaligus petenis peringkat satu dunia, hanya memenangi dua dari 10 pertemuan sebelumnya dengan juara Grand Slam empat kali itu, terakhir kali terjadi tujuh tahun silam di semifinal Roland Garros.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR