persija-jakarta-vs-gamba-osakaJAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Persija Jakarta kalah telak dari tim Gamba Osaka Jepang dengan skor 0-4 pada pertandingan Panasonic Cup 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Gol kemenangan tim dari Negeri Matahari Terbit itu dicetak oleh pemain andalannya yaitu Takashi Usami pada menit 35, gol dari Lins Lima de Brito pada menit 56 dan 72 serta gol Anderson Patric Aguiar Oliveira menit 86.

Pada pertandingan internasional pertama sebelum turun di Indonesia Super League (ISL), Persija bermain cukup tenang meski lawan merupakan tim besar yang merajai kompetisi Jepang atau J-League. Meski langsung mendapatkan tekanan, anak asuh Rahmad Darmawan ini terlihat tidak panik.

Turun dengan formasi terbaik, tim yang berjuluk Macan Kemayoran yang dimotori Stefano Lilipaly terus berusaha menerobos pertahanan Gamba Osaka yang dimotori oleh Keisuke Iwashita. Peluang pertama didapat Kabayev pada menit 13 dan berikutnya dari Stefano Lilipaly. Hanya saja tendangannya tertahan pemain belakang lawan.

Dukungan ribuan Jakmania ternyata menjadi semangat tersendiri bagi anak-anak asuh Rahmad Darmawan ini. Terbukti variasi serangan dari pemain tengah terus terjadi. Duet Alfin dan Lilipaly bahkan sering merepotkan pertahanan Gamba Osaka yang juga bermain cukup solid.

Terus mendapatkan tekanan dari tuan rumah, Gamba Osaka ternyata tidak tinggal diam. Mengandalkan pemain yang pernah merumput di Jerman yaitu Takashi Usami, beberapa peluang langsung didapat. Hanya saja, peluang yang dimiliki pemain nomor 39 mampu dihalau Andritany.

Namun, dua menit berselang, Takashi Usami mampu membayar kegagalan sebelumnya dengan mencetak gol indah. Hasilnya, tim asal Jepang itu mampu unggul 1-0 atas tuan rumah Persija Jakarta.

Tertinggal 0-1, Persija semakin gencar melakukan tekanan. Apalagi ribuan Jakmania terus memberikan semangat di pinggir lapangan. Kabayev yang menjadi ujung tombak terus berusaha menekan. Hanya saja hingga babak pertama usai belum membuahkan hasil.

Perubahan mencolok

Memasuki babak kedua, Gamba Osaka melakukan perubahan yang cukup mencolok dengan menarik keluar Takashi Usami dan digantikan Lins Lima de Brito. Tekananpun semakin gencar. Bahkan, gawang Andritany nyaris bobol jika Amarzukih tidak mampu menghalau bola yang mengarah ke gawang.

Persija juga tidak tinggal diam. Lewat Kabayev tekanan terus dilakukan. Bahkan, beberapa kali pemain belakang Gamba Osaka harus menghentikan laju pemain asal Rusia itu dengan keras. Hanya saja, upaya yang dilakukan belum mampu membuahkan hasil.

Justru pada menit 56, gawang Persija kembali kebobolan setelah pemain yang baru masuk yaitu Lins Lima De Brito mampu membuat gol indah. Kondisi tertinggal 0-2 membuat pelatih Rahmad Darmawan melakukan pergantian pemain termasuk menurunkan Bambang Pamungkas.

Masuknya tenaga baru membuat tim tuan rumah kembali bersemangat. Adam Alis yang masuk menggantikan M. Ilam langsung mengancam gawang lawan. Hanya saja, tendangan terasnya masih membentur tipis di pojok mistar gawang Gamba Osaka.

Terus melakukan tekanan membuat pemain Persija lupa bertahan. Dampaknya, pemain Gamba Osaka, Lins Lima mampu mencetak gol kedua bagi timya pada menit 72. Kondisi ini membuat tim asal Jepang itu unggul jauh 3-0 atas tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu.

Kondisi tertinggal cukup jauh, pelatih Rahmad Darmawan mengganti hampir semua pemain. Bukan, gol yang didapat, justru gawang Persija yang saat ini dijaga oleh Adixi Lenzivio dibobol oleh pemain asing Gamba Osaka yaitu Anderson Patric Aguiar Oliveira menit 86.

Upaya untuk mengejar ketertinggalan terus dilakukan oleh Persija Jakarta. Hanya saja, hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit asal Thailand, Suprem Monthawong, kedudukan tetap 4-0 untuk kemenangan Gamba Osaka.

Kekalahan ini menambah rentetan kegagalan Persija sebelum turun di ISL.TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR