Federer singkirkan petenis kualifikasi asal Jerman

Petenis Swiss Roger Federer. (REUTERS/Dylan Martinez)
JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Unggulan teratas Roger Federer tidak perlu banyak berkeringat saat ia menyingkirkan petenis kualifikasi asal Jerman Tobias Kamke dengan skor 6-2, 6-1 pada putaran kedua Brisbane International pada Kamis.

Federer, yang mendapatkan bye pada putaran pertama, hanya memerlukan 55 menit untuk menaklukkan Kamke, yang bermain di undian utama turnamen ATP untuk pertama kalinya sejak April.

Maestro asal Swiss itu sempat diganggu flu pada awal pekan, namun ia tidak memperlihatkan tanda-tanda sedang sakit saat tampil mendominasi di Pat Rafter Arena.

Ia meminta panitia penyelenggara untuk menjadwalkan pertandingan pertamanya pada akhir hari, dan mengatakan ia baru mulai merasa lebih baik pada Rabu pagi.

Sang juara bertahan melepaskan 18 pukulan kemenangan terhadap Kamke, yang mengalami kesulitan saat menghadapi petenis peringkat ketiga dunia itu dan hanya memiliki satu break point pada serve Federer sepanjang pertandingan.

Federer selanjutnya akan bertemu petenis Bulgaria Grigor Dimitrov pada perempat final, pertandingan ulangan semifinal tahun lalu, yang dimenangi dengan mudah oleh Federer.

“Saya bermain begitu baik saat melawan dia di sini tahun lalu,” kata Federer.

“Besok akan menjadi lebih berat. Ini merupakan sepasang hari terakhir yang berat dan saya masih belum tahu apa yang dapat diharapkan saat ini.”

“Hari ini untungnya (pertandingan berlangsung) singkat, namun ini juga membuat saya tidak mendapat banyak informasi mengenai di mana posisi permainan saya saat ini.”

“Pada latihan ini sangat hebat — saya telah memukul bola dengan baik. Saya berada di tempat saya ingin berada.”

“Besok kita lihat saja. Ia (Dimitrov) menjalani pertandingan berat hari ini, namun ia sangat tangguh. Saya berharap ia kembali segar besok. Saya bermain melawan dia dengan sangat agresif pada tahun lalu dan hal itu berfungsi dengan baik. Kita lihat saja apakah saya akan melakukan hal yang sama besok.”

Dimitrov pada pertandingan sebelumnya berhasil selamat dari epik tiga set saat melawan Viktor Troicki asal Serbia, dengan skor 5-7. 7-6 (8/6), 6-2.

“Saya pikir saya mengalami sedikit kesulitan pada awal pertandingan,” ucapnya.

“Namun itu bagus. Itu adalah pertandingan bagus bagi saya. Itulah bagaimana saya melihatnya.”

“Dan saya gembira bahwa setelah dua jam 45 menit, tubuh saya terasa benar-benar baik. Saya mengatasi suhu panas dengan sangat bagus.”

Unggulan kempat asal Kanada Milos Raonic harus mengerahkan semua upaya untuk mengalahkan petenis kualifikasi asal Kroasia Ivan Dodig, sebelum mengamankan kemenangan 6-7 (2/7), 6-1, 6-4 pada pertandingan yang berjalan hampir selama dua setengah jam.

Raonic, yang mencapai peringkat keempat dunia Mei silam, turun ke posisi ke-14 setelah mengalami beberapa masalah cedera pada akhir tahun, yang membuat ia mengundurkan diri dari Prancis Terbuka kemudian absen selama tiga pekan terakhir musim.

Ia mengatakan ia akhirnya dapat bermain dengan bebas cedera untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan.

“Saya bergerak maju dibanding di mana saya berada (pada tahun lalu),” ucapnya.

“Saya pikir saya hanya memerlukan pertandingan-pertandingan seperti hari ini untuk mengatur ulang diri saya sendiri.”

Raonic selanjutnya akan berhadapan dengan Lucas Pouille setelah petenis Prancis itu menyingkirkan unggulan keenam asal Belgia David Goffin dengan skor 7-6 (7/5), 4-6, 6-3. Demikian laporan AFP.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR