JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Dubes RI Bunyan Saptomo mendapatkan medali penghargaan dari Bulgarian Badminton Federation (BBF) atas upayanya meningkatkan kerjasama dan menjalin persahabatan dengan Bulgarian Badminton Federation.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara makan malam dengan para atlit/peserta Turnamen Internasional Haskovo – Kassabian Brothers Cup di Haskovo, demikian Fungsi Pensosbud KBRI Sofia, Dina Martina kepada Antara London, Selasa.

Dikatakannya turnamen ini merupakan turnamen tahunan yang tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT Klub Badminton Haskovo yang ke-50.

Pada acara pembukaan Turnamen yang diresmikan Wakil Mayor Haskovo bidang Budaya Ms. Milena Trendafilova, Dubes diberikan kehormatan bermain double untuk demonstrasi (Exhibition) melawan pemain klub Badminton Haskovo.

Sebelumnya Dubes menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan persahabatan terjalin antara BBF dengan KBRI selama tiga tahun sembilan bulan periode penugasannya di Bulgaria.

Ia juga menyampaikan pamit kepada seluruh Bulgarian Badminton friends mengingat tugasnya sebagai Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania akan berakhir pada akhir bulan Januari ini.

Sementara itu, Wakil Walikota Haskovo menyampaikan perhargaan atas kehadiran Dubes RI pada Turnamen dan dukungan Dubes RI selama ini untuk perkembangan olahraga tersebut di Bulgaria.

Turnamen badminton yang berlangsung dua hari ini diikuti sekitar 160 pemain dari Bulgaria dan negara-negara tetangga seperti Yunani, Macedonia, Georgia, Armenia, Turki, Serbia, Romania dan Ukrania.

Selain Presiden BBF yang juga merangkap President Balkan Badminton Federation, Prof. Puzant Kassabian, dan Wakil Walikota Haskovo, hadir pada pembukaan turnamen Sekjen BBF Dr. Volodya Zlatev dan President Federasi Badminton negara peserta.

Kompetisi badminton mempertandingkan dua kategori, yaitu kompetisi bagi mereka yang menjadikan badminton sebagai hobi (untuk umur di atas 30 tahun, 50 tahun dan veteran) dan bagi pemain professional.

Prof. Kassabian yang lahir di Haskovo 75 tahun lalu merupakan salah satu warga negara Bulgaria yang berperan mempopulerkan badminton di Bulgaria menjalin hubungan dengan KBRI sejak sekitar tahun 1965.

Saat ini Badminton cukup popular di Bulgaria yang berpenduduk tujuh juta berkembang klub-klub badminton yang menurut catatan Sekjen BBF jumlahnya mencapai 60 klub badminton.

Pemain nasional badminton papan atas Bulgaria sebagian berasal dari klub badminton di Haskovo, antara lain pemain double badminton bersaudara no 1 nasional Bulgaria, yaitu Stefani dan Gabriela Stoeva.

BBF mengirimkan atlet badmintonnya untuk berlatih di Klub-klub badminton Indonesia Indonesia termasuk diantaranya Stephani dan Gabriella Stoeva, ke sejumlah klub Badminton di Indonesia seperti klub Jarum, Jayabaya dan Tangkas.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR