JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Jose Mourinho, yang baru ditunjuk menjadi pelatih Manchester United, memiliki catatan prestasi luar biasa, antara lain tiga kali juara Liga Inggris, dua juara liga Italia, dua juara Liga Portugal, satu Liga Spanyol (La Liga), dua Liga Champions dan satu Liga Eropa.

Gelar tersebut belum termasuk piala dari turnamen domestik antara lain Piala FA, Piala Liga Inggris, Piala Community Shield, Coppa Italia, Supercoppa Italia, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

Di balik sukses itu tentunya ada pemain di lapangan yang berhasil menerapkan taktik yang diracik Mourinho. Berikut 11 pemain andalan Mourinho saat melatih Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid yang dilansir UEFA:

1. Petr Cech (Chelsea). Petr Cech tiba di Stamford Bridge pada jendela transfer pemain musim panas yang sama saat Mourinho direkrut Chelsea pada 2004. Kala itu Mourinho sangat mengandalkan Cech yang saat ini masih menjadi penjaga gawang kelas atas di Liga Utama Inggris bersama Arsenal.

2. Javier Zanetti (Inter Milan).  Javier Zanetti adalah kapten sekaligus andalan Mourinho saat Inter memenangkan Piala Liga Champions 2010. Zanetti pandai mencerna instruksi Mourinho kemudian menyampaikan dan menerapkannya kepada rekan-rekan di lapangan.

3. John Terry (Chelsea). John Terry bagaikan prajurit yang memiliki ikatan tak terpisahkan dengan Mourinho kendati sempat dipinggirkan saat pelatih asal Portugal ini kembali untuk kedua kalinya di Chelsea.

4. Ricardo Carvalho (Porto, Chelsea & Madrid). Saking percayanya Mourinho kepada Ricardo Carvalho, bek timnas Portugal itu dibawa Mourinho dari Porto ke Chelsea dan Real Madrid.

5. Ashley Cole (Chelsea). Ashley Cole adalah wujud dari permainan konsisten dan penuh energi yang dibutuhkan Mourinho. Karir gemilang bekas bek kiri timnas Inggris ini berada dibawah arahan Mourinho kendati mengawali karir bersama Arsenal.

6. Frank Lampard (Chelsea). Frank Lampard adalah satu-satunya pemain yamg tidak pernah ditemukan Mourinho di klub lain. Kendati posisinya adalah gelandang tengah, namun Lampard memiliki etos kerja yang gigih dan memiliki naluri mencetak gol layaknya penyerang.

7. Deco (Porto & Chelsea). Kendati karakternya kurang mewakili ciri khas Mourinho, namun Deco sempat menjadi pemain kunci saat Porto dan Chelsea meraih gelar.

8. Esteban Cambiasso (Inter Milan). Gelandang bertahan asal Argentina ini menjadi sosok dibalik kesuksesan Inter Milan saat diasuh The Special One pada musim kompetisi 2009/2010.

9. Cristiano Ronaldo (Real Madrid). Cristiano Ronaldo menjadi mesin gol Real Madrid yang membantu Jose Mourinho memenangkan gelar La Liga pada 2012.

10. Didier Drogba (Chelsea). Memiliki karakter kuat dan konfrontatif, Drogba adalah ujung tombak paling sempurna yang dimiliki Chelsea saat dilatih Mou. keunggulan Drogba yang disukai Mourinho adalah kemampuannya untuk membangun serangan balik.

11. Diego Milito (Inter Milan). Milito memang tidak selincah Ronaldo, juga tidak sekokoh Drogba. Namun, Milito mencetak dua gol kemenangan di final Liga Champions yang memastikan Inter Milan memenangkan tiga gelar pada musim 2010, demikian UEFA.TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR