Ganda campuran optimistis lolos penyisihan grup Olimpiade Rio

Richard Mainaky (FOTO/ist)
JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Pelatih ganda campuran PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Richard Mainaky mengaku optimistis dua pasangan atletnya yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto dapat lolos babak grup dalam Olimpiade Rio 2016.

“Owi/Butet mendapatkan hasil undian grup yang cukup menguntungkan. Mereka ada di grup C bersama pasangan Malaysia, Thailand, dan Australia. Tapi, saya harap Owi/Butet tidak tinggi hati karena pasangan Malaysia dan Thailand juga perlu diwaspadai,” kata Richard dalam situs resmi PP PBSI, Rabu.

Pasangan Owi/Butet, sapaan Tontowi/Liliyana, berada pada grup C bersama pasangan Thailand Bodin Issara/Savitree Amitrapai, pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dan pasangan Australia Robin Middleton/Leanne Choo.

Owi/Butet masih unggul 7-1 atas pasangan Malaysia Chan/Goh. Sedangkan dengan pasangan Thailand, Owi/Butet lebih diunggulkan di atas kertas meski kedua ganda campuran itu belum pernah bertanding.

Sementara, ganda Praveen/Debby berada pada grup A bersama pasangan unggulan pertama asal Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunlei, pasangan Hong Kong Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, dan pasangan Jerman Michael Fuchs/Birgit Michels.

“Jordan/Debby harus berusaha lebih keras dari penyisihan grup. Mereka minimal harus menjadi runner up di grup. Jordan/Debby mengantongi kemenangan pada pertemuan terakhir mereka atas Zhang/Zhao pada All England 2016,” kata Richard.

Pada All England 2016, Praveen/Debby menang 21-19, 21-16 atas Zhang/Zhao meskipun catatan pertemuan mereka kalah 1-7 dari wakil Tiongkok itu.

Praveen/Debby punya catatan tiga kemenangan dari tujuh pertemuan dengan pasangan Hong Kong Lee/Chau. Tapi dalam pertemuan terakhir pada Hong Kong Terbuka 2015, Praveen/Debby menang 21-18, 21-18 atas Lee/Chau.

Panitia pertandingan cabang bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 akan mengundi ulang delapan pasangan yang menjadi juara dan runner dari hasil penyisihan grup A hingga grup D. Hasil pengundian ulang itu akan menentukan lawan dari masing-masing wakil grup untuk putaran berikutnya.

Berikut daftar pembagian grup pada nomor ganda campuran Olimpiade Rio 2016:

Grup A: Zhang Nan/Zhao Yunlei (Tiongkok), Praveen Jordan/Debby Susanto (Indonesia), Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong), Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman).

Grup B: Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), Xu Chen/Ma Jin (Tiongkok), Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba (Polandia), Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris Raya)

Grup C: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia), Bodin Issara/Savitree Amitrapai (Thailand), Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), Robin Middleton/Leanne Choo (Australia)

Grup D: Ko Sung Hyun/Kim Ha Na (Korea), Philip Chew/Jamie Subandhi (Amerika Serikat), Jacco Arends/Selena Piek (Belanda), Kenta Kazuno/Ayane Kurihara (Jepang). TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR