JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
SETELAH sukses menggelar sepakbola Usia 14 tahun Piala Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Pusat dan SIWO Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Kini pantia merambah dan merencanakan untuk kelompok umur 16 tahun.

Menurut Ketua Panpel Taufik Pandji Alam bahwa hingga kini sudah beberapa tim yang meminta undangan dari panitia untuk minta persyaratan. Diharapkan peserta agar segera mendaftar, karena batas pendaftaran tutup pada Sabtu (31/12). Pelaksanaan rencana digelar pada Januari 2017 mendatang di lapangan Labda Komplek Halim Perdana Kusuma AU Jakarta.

“Seyogianya pelaksanaan untuk katagori usia 16 tahun rencananya akan digelar pada Desember 2016. Namun peserta merasa keberatan dengan biaya tiket membengkak hingga 3 kali lipat, karena berbarengan Hari Natal dan Tahun Baru. Kita undur pelaksanaannya jadi bulan Januari 2017,” kata Taufik kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/12).

Sama seperti pelaksanaan Usia 14, untuk U-16. Juara juga akan mengangkat Piala Tetap KONI Pusat dan Piala Bergilir SIWO PWI Pusat sekaligus mendapatkan uang pembinaan. Kejuaraan yang bertajuk nasional itu akan memperebutkan Piala KONI Pusat dan SIWO PWI beberapa peserta telah melakukan regristrasi pendaftaran. Yang sudah menyatakan keikutsertaannya adalah peserta dari Ambon, Surabaya, Gowa Sulsel, Bekasi, Mataram Lombok dan DKI Jakarta.

Sementara Ketua SIWO PWI Pusat Raja Parlindungan Pane menyatakan dukungan dari KONI Pusat merupakan bentuk kepedulian kemajuan sepakbola Indonesia, untuk memberikan wadah Kompetisi usia muda. Kegiatan positif ini harus di perhatikan apa lagi mereka lahir dari anak anak muda yang masih semangat di berkompetisi di tingkat nasional.

“Semangat mereka harus kita akomodir dan perhatikan agar mereka tidak salah jalan dalam melakukan kegiatan yang lain. Atmosfir ini dapat memberikan energi positif, demi mencetak pemain nasional yang berkualitas. Maka itu harus diperbanyak kompetisi atau kejuaraan yang sifatnya Nasional (kejurnas),”ungkap Raja Parlindungan.

Sementara itu putaran usia 14 tahun telah usai, keluar sebagai juara Blue Eagle wakil dari DKI Jakarta di final mengalahkan wakil dari Surabaya, Bravo Surabaya dengan skor 2-0. Hasil itu membawa DKI Jakarta meraih juara piala tetap KONI U14 yang pertama.

Dalam pagelaran usia 14 tahun itu panitia penyelenggara memakai pengamat sepakbola dan talent scouting. “Sudah terdapat beberapa gambaran pemain berbakat dan berkualitas. Nama-nama pemain itu akan dicatat untuk di laporkan ke KONI menjadi database pemain berbakat,” tambah Taufik, pria brewokan yang tak mengenal lelah itu. TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR