SOLO-(TribunOlahraga.com)

PERSIB dinyatakan kalah 0-1 dari Persija Jakarta pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11). Hal itu setelah wasit dengan hak keistimewaannya menghentikan pertandingan karena Maung Bandung tak ingin melanjutkan laga pada menit ke-84.

Dilaporkan laman resmi klub, Persib sempat mendapat gol di babak pertama melalui sundulan Ezechiel N’Douassel tapi wasit tak mengsahkan gol tersebut karena dianggap belum masuk ke gawang.

Di babak kedua, Persija mendapat hadiah penalti yang mampu dituntaskan oleh Bruno Lopes. Gol itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini.

Tensi pertandingan langsung meningkat sejak awal babak pertama. Persib mendapat tekanan melalui umpan-umpan silang Persija yang dikirimkan oleh Ismed Sofyan di sisi kanan namun dari beberapa kans emas tercipta, tak ada gol tercipta.

Di menit ke-8, kartu kuning sudah harus diberikan kepada striker Persija, Rudi Widodo usai melakukan pelanggaran kepada Kim J. Kurniawan. Kim sendiri tak bisa melanjutkan laga dan harus diganti oleh Dedi Kusnandar di menit ke-12.

Persib mampu keluar dari tekanan melalui striker Ezechiel N’Douassel namun sepakan dari luat kotaknya masih lemah. Persija balik menekan melalui Bruno Lopes tapi sepakan kerasnya dari depan kotak masih menyamping tipis.

Kontroversi terjadi di menit ke-28, Supardi kirimkan umpan silang dari sisi kanan dan mampu disambar oleh tandukan dari Ezechiel dan berhasil masuk ke gawang. Namun wasit tak mengesahkan gol. Skor masih imbang 0-0.

Skuat Macan Kemayoran terus memberikan tekanan melalui Bambang Pamungkas namun beberapa kans masih jauh dari harapan. Sementara serangan balik dari PERSIB melalui Febri Hariyadi bisa dimatikan oleh Rohit Chand. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Babak kedua laga berlangsung masih dengan intensitas tinggi namun dengan penguasaan bola yang lebih berimbang di mana perebutan bola ramai terjadi di lini tengah.

Kerugian bagi PERSIB usai Hariono melanggar Rohit Chand yang membuatnya cedera dan harus ditandu keluar lapangan. Purwaka Yudhi yang masuk menggantikan Hariono langsung menjadi tandem Vladimir Vujovic.

Penyelamatan gemilang dilakukan oleh kiper Persib, M. Natshir F., position yang tepat dari Natshir gagalkan sepakan voli Bruno Lopes di mulut gawang. Ini menjadi peluang terbaik sejauh ini.

Melalui serangan balik, akhirnya Persija mendapat hadiah tendangan penalti usai Purwaka Yudhi dianggap melakukan pelanggran kepada Bruno Lopes. Bruno yang menjadi eksekutor membawa Persija unggul sementara 1-0.

Kartu kuning akhirnya didapat oleh Vladimir Vujovic karena melanggar Bruno Lopes. Vujovic pun melancarkan protes dan langsung diganjar kartu merah oleh wasit.

Para pemain dan jajaran pelatih Persib melancarkan protes hingga akhirnya tak ingin melanjutkan laga. Atas dasar itu, wasit yang dipimpin oleh Evans Shaun Robert memutuskan laga usai di menit ke 84 dengan skor 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta.

Sesuai Laws of The Game FIFA, wasit memang memiliki diskresi (keistimewaan) untuk menghentikan pertandingan jika dianggap ada interferensi pada sebuah pertandingan meski laga belum sampai 90 menit.

Dengan hasil ini, Persib masih berada di peringkat ke-11 dengan raihan 41 poin sementara Persija Jakarta naik satu strip ke posisi ke-5 setelah mengoleksi 58 poin.TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR