Promosi Asian Games 2018. Sejumlah spanduk Asian Games 2018 terpasang di tiang bekas proyek Monorel di Kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (4/11/2017). Bidang Promosi Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) memanfaatkan tiang proyek Monorel yang tidak terpakai untuk promosi Asian Games 2018. (FOTO/Rivan Awal Lingga)
JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Ajang uji coba atau “test event” cabang olahraga tenis untuk Asian Games 2018 berupa Kejuaraan Nasional tenis tersebut, diikuti oleh peserta dari 14 provinsi.

Ketua Bidang Pertandingan Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (PP Pelti) Susan Soebakti mengatakan bahwa dalam Kejurnas Tenis 2017 ini peserta dari 14 provinsi tersebut diikuti oleh 47 petenis putra dan 26 putri.

“Unggulan teratas kelompok putra adalah Arief Rahman dari Kalimantan Timur yang berperingkat empat nasional, sedangkan di bagian putri adalah Fitriana Sabrina dari DKI Jakarta,” kata Susan yang juga menjabat Manajer Kompetisi Asian Games cabang tenis tersebut dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Test event tenis itu sendiri dilaksanakan di Stadion Tenis Bukit Asam, Jakabaring, Palembang yang dijadwalkan mulai pada Selasa ini dan berakhir pada Minggu (12/11) mendatang.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar yang membuka gelaran Test Event Tennis Road to Asian Games 2018 cabang tenis ini, menyatakan kesiapan provinsinya menjadi tuan rumah pesta olahraga multi cabang negara-negara Asia itu tahun 2018.

Khusus untuk lapangan tenis, Sumatera Selatan tengah merampungkan penyelesaian akhir pembangunan delapan lapangan tambahan.

“Kami bekerja keras untuk mewujudkan tiga sukses sebagai tuan rumah Asian Games, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Deputy 1 INASGOC Djoko Pramono mengatakan bahwa Test Event Tennis ini merupakan bagian dari uji coba masing-masing cabang yang bakal dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

“Ada 40 cabang olahraga yang bakal menggelar test event hingga awal Desember nanti, karena menggunakan anggaran 2017. Jadi harus selesai akhir tahun ini,” ujar Djoko.

Adapun yang diuji coba, tambah Djoko, adalah kesiapan panitia penyelenggara termasuk perangkat pertandingan lokal.

“Jadi kami membolehkan induk organisasi cabang yang bersangkutan untuk menggelar Kejuaraan Nasional,” tuturnya menambahkan.

Kejurnas Tenis 2017 ini sendiri, mempertandingkan nomor tunggal dan ganda, baik putra maupun putri.

Selasa (7/11) telah berlangsung babak final kualifikasi tunggal putra. Namun hujan yang mengguyur kawasan Jakabaring, membuat panpel terpaksa menunda satu partai tunggal dan empat laga kualifikasi ganda putra.

Adapun hasil pertandingan test event tenis pada hari Selasa (7/11) adalah:

Final Kualifikasi

Afrizal Ivanisevic (Sumsel) v Giovani Mahendra (Jambi) 7-5 6-3

Anan Sisar S (Sumsel) v Bakti Prawira (Sumsel) 6-1 ret

Achmad Imam Maruf (Jabar) v Alfaresi Kaka (Sumsel) 6-0 6-0

Fajar Isvan (Aceh) v Suharyadi (DKI) 2-6 6-2 2-0 ret

Nur Abdi (Babel) v Panji Susilo (Sumsel) 6-0 6-2

Dafa Ditio (Sumsel) v M. Hafiz Al Asad (Sumsel) 6-1 6-1.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR