London – Juara enam kali Roger Federer gagal menambah trofinya di ATP Finals. Federer tumbang di tangan David Goffin, yang akan menghadapi Grigor Dimitrov di final.

Pada laga semifinal di O2 Arena, London, Sabtu (18/11/2017) malam waktu lokal, Federer membuang kemenangan set pertama sebelum menyerah 6-2, 3-6, 4-6.

Dengan kekalahan ini, Federer belum mampu mengakhiri puasa gelarnya di turnamen ini usai terakhir juara pada 2011. Sedangkan Goffin menandai turnamen terbaiknya karena di laga grup, dia telah mengalahkan petenis nomor satu Rafael Nadal.

“Kupikir tadi adalah sebuah pertandingan yang berat usai servisku dipatahkan dalam kedudukan 0-1 di set kedua,” ucap mantan petenis nomor satu dunia ini di situs resmi ATP. “Kurasa banyak hal yang berbalik dengan sangat baik untuk dia di momen itu.”

“Dia merasa lebih baik dalam melakukan pengembalian, dari baseline. Dia tidak banyak meleset lagi. Dia juga mengembalikan dengan jauh lebih baik di servis kedua setelahnya. Kupikir petenis dengan pengembalian yang lebih baik menang atas petenis dengan servis yang lebih baik pada pertandingan kali ini.”

David GofinDavid Gofin
Foto: Tony O’Brien / Action Images via Reuters

Goffin, yang diunggulkan di tempat ketujuh selanjutnya akan menghadapi Dimitrov. Petenis Bulgaria unggulan ketujuh itu comeback untuk mengalahkan Jack Sock (Amerika Serikat) 4-6, 6-0, 6-3.

“Kupikir dia benar-benar menaikkan levelnya di set kedua dan ketiga. Datang dengan beberapa pukulan yang gila di set ketiga di beberapa momen yang kurang tepat bagiku. Ada alasan mengapa dia bermain dengan konsisten di sepanjang tahun ini. Itulah alasan mengapa dia di final,” komentar Sock usai pertandingan.

Dimitrov unggul head to head atas Goffin 3-1 dalam empat pertemuan. Dimitrov sukses menghempaskan rivalnya itu 6-0, 6-2, di fase grup turnamen ini. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR