Sekum KONI Sumut, Chairul Azmi (Foto/OLII)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Sumut-Aceh telah mengantongi dukungan dari 25 Provinsi sebagai calon tuan rumah bersama PON 2024. Bentuk dukungan itu sudah dilakukan melalui surat tertulis. Ini yang membuat KONI Sumut optimis bakal memenangkan biding sebagai tuan rumah PON ke-21 itu.

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sumut, Chairul Azmi mengatakan hal itu kepada wartawan di sela-sela berlangsungnya Rapat Koordinasi KONI Pusat dengan KONI Provinsi di Hotel Century Park Senayan Jakarta, Kamis, (25/1) petang.

Dalam penentuan tuan rumah PON 2024 nanti, KONI sebagai pemegak kekuasaan tertinggi untuk kegiatan olahraga multi even nasional memberlakukan sistim satu provinsi, satu suara.KONI Pusat sendiri kini memiliki 34 KONI Provinsi.

Chairul juga secara tegas mengatakan, pihaknya sejak jauh-jauh hari menghindari adanya praktek politik uang dalam hal penentuan tuan rumah PON 2024 nant.

”Kita harus menjunjung tinggi etika dan moral, harga diri daerah kita pertaruhkan. Dan Sumut yakin ke-25 Provinsi yang telah memberikan dukungan, benar-benar murni dari hati nurani bukan karena iming-iming sesuatu,”tambahnya.

Dijelaskan Chairul, dalam kampanye menjadi tuan rumah PON 2024 ini, Sumut dan Aceh telah melakukan safari atau kunjungan silaturahmi ke seluruh Provinsi. Ini sengaja dilakukan karena Sumut-Aceh menginginkan PON 2024 adalah PON prestasi, persahabatan dan persaudaraan.

”Jumlah cabang olahraga yang akan dimainkan di PON 2024 dipastikan ada 56, sesuai yang terdaftar dalam keanggotaan KONI Pusat. Jadi mekanismenya akan dibagi dua, 28 di Sumut dan 28 di Aceh.

Namun dalam bidding PON 2024 ini tak hanya Sumut-Aceh yang mendaftar karena Bali-NTB, Kalsel dan Sumbar juga telah mengajukan proposal pencalonan.

Dalam Rapat Koordinasi KONI Pusat-KONI Provinsi itu juga tercetus wacana PON berlangsung dua tahun sekali. Namun wacana ini masih menjadi perdebatan dan KONI masih akan membahasnya lagi lebih mendalam. TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR