JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Pertandingan yang digelar di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Australia, tersebut dibuka dengan sempurna oleh Roger Federer.

Tunggal putra nomor dua dunia itu memulai set pertama dengan memenangi empat gim pertama secara beruntun.

Meskipun Marin Cilic sempat merebut dua gim, tetapi Roger Federer sukses memenangi set pertama dengan skor 6-2 dalam waktu 24 menit.

Memasuki set kedua, Cilic mampu menunjukkan perlawanan lebih alot kepada Federer yang membuat pertandingan berlangsung dengan ketat.

Setiap gim yang berhasil dimenangi Marin Cilic, Roger Federer langsung mampu memberikan jawaban dan keadaan tersebut berlangsung hingga kedudukan 6-6.

Persaingan ketat pun berlangsung hingga babak tie break hingga akhirnya Cilic sukses memenangi set kedua dengan skor 7-6 tie break7-5.

Dari data yang didapat BolaSport.com, ini menjadi kali pertama Roger Federer kehilangan sebuah set selama perjalanannya pada Australian Open 2018.

Alotnya laga sempat berlanjut pada awal set ketiga saat kedua petenis secara bergantian memenangi gim.

Namun, Roger Federer mampu kembali menunjukkan dominasinya atas Cilic dengan merebut tiga gim secara beruntun.

Petenis asal Swiss ini pun mampu mencatatkan service ace yang membuatnya memenangi set ketiga dengan skor 6-3.

Pada set keempat, Roger Federer sempat mendominasi ketika mampu unggul saat kedudukan 3-1.

Akan tetapi, Marin Cilic tak mau kalah begitu saja dan mampu menunjukkan penampilan apik yang berhasil membuatnya bangkit.

Bahkan, petenis Kroasia ini tampil luar biasa dengan merebut lima gim secara beruntun yang membuatnya menang 6-3 dan memaksa bergulirnya set kelima.

Pada set penentunan, partai final sektor tunggal putra Australian Open 2018 ini berlangung tak kalah sengit.

Meskipun Roger Federer mampu merebut tiga gim awal secara beruntun, ketiganya diraih oleh pria 36 tahun tersebut lewat deuce.

Marin Cilic sempat merebut sebuah gim, tetapi dominasi Federer tampaknya tidak dapat terbendung dengan memenangi set kelima dengan skor 6-1.

Roger Federer pun sukses memenangi laga final Australian Open 2018 dengan skor akhir 6-2, 6-7 (5), 6-3, 3-6, 6-1 dalam waktu 3 jam 3 menit.

Gelar Australian Open 2018 ini menggenapi koleksi trofi turnamen tenis level grand slam milik Roger Federer menjadi 20 buah.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR