Sekjen PB.WI Ngatino didampingi Wakil Ketua Umum PB.WI Chairul Azmi dan Iwan Kwok tengah memberikan keterangan pers ikhwal Rakernas PB.WI di Hotel Century Senayan Jakarta, Minggu, (11/2). (Foto/OLII)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia (PB.WI) yang berlangsung di Hotel Century Senayan Jakarta, Minggu, (11/2) lebih menekankan pada semangat untuk mengamankan target 1 emas wushu di Asian Games 2018.

Target 1 emas itu merupakan permintaan pemerintah dalam hal ini Kemenpora. Oleh karenanya, tanpa harus menunggu pelatnas resmi dari pemerintah, PB.WI telah melakukan persiapan lebih awal.

Sekjen PB.WI Ngatino mengatakan hal itu usai Rakernas. Didampingi Wakil Ketua Umum PB.WI Chairul Azmi dan Iwan Kwok, Ngatino menjelaskan, target 1 emas itu bukan main-main.

”Kami serius memenuhi target itu sehingga persiapannya pun tentu lebih serius. Sebagai tuan rumah tentu kita wajar mematok target 1 emas. Syukur-syukur lebih dari 1 emas,”papar Ngatino.

Sebelumnya saat membuka Rakernas, Ketua Umum PB.WI Erlangga Hartanto mengatakan dalam mematangkan per­siapan atlet-atlet wushu, menuju Asian Games 2018, tim wushu pelatnas akan mengadakan try out ke mancanegara. Di anta­ranya nomor taolu training camp ke Hangzhou, Beijing, San­da ke Iran dan Rusia.

“Sebelumnya, beberapa at­let akan kita kirim mengikuti event Moscow Wushu Stars, di Moskow, Rusia yang ber­langsung 14-20 Februari. Ke­mudian dalam rangka meng­hadapi Asian Games 2018, ka­mi akan menggelar Pelatnas di luar negeri, seperti di Iran dan Tiongkok,” jelas Airlangga.

Target 1 emas pun, menurut Erlangga sudah se­suai yang dicanangkan oleh PB.WI. ”Mudah-mudahan ya, kalau bisa lebih dari satu. Mudah-mudahan, ya,” harap Airlangga.

PB WI juga seperti dikatakan Erlangga tak hanya fokus ke Asian Games juga tetap memperhatikan roda pembinaan di dalam negeri dengan menggelar Kejurnas Wushu Senor dan Yunior, 28 Maret hing­ga 4 April di Yogyakarta.

“Ya kami, Yogyakarta akan bertindak selaku tuan rumah Kejurnas Wushu Senior dan Junior, Maret hingga April men­datang,” tutur Ketua Hari­an Pengprov Wushu DI Yogya Muwardi Gunawan.

Rakernas yang diikuti 25 Pengprov dari 27 Pengrov Wu­shu se Indonesia berlang­sung lancar dalam suasana keke­luargaan.

“Se­luruh laporan pro­gram kerja yang telah dilak­sanakan tahun 2017 dan lapo­ran keuangan dapat diterima oleh peserta Rakernas dengan baik,” ujar Chairul Azmi.

Selain itu PB WI menyia­p­kan strategi untuk pengem­ba­ng­an wushu ke seluruh pro­vinsi yang ada. “Kita ingin da­lam periode ini, terbentuk 34 Pengprov wushu. Untuk itu, kami akan melakukan lebih banyak Diklat kepelatihan dan wasit juri dari seluruh Indonesia,” ujar Chairul. TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR