Harry Kane Bisa Jadi Hantu Bagi Juventus

Harry Kane Bisa Jadi Hantu Bagi Juventus

54
0
JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Juventus “bermuka dua”, di satu sisi mentereng dengan prestasi menjulang dengan predikat belum kebobolan (clean sheet) ketika menapaki tahun baru; di lain pihak, lebih mempunya segudang pengalaman dalam menentukan irama permainan. Hanya saja, lawan yang dihadapi sekelas Tottenham Hotspur yang punya striker bertipe haus gol, Harry Kane.

Juventus siap menjamu Tottenham Hotspur dalam laga leg 1 babak 16 besar Liga Champions, yang diadakan di Stadion Allianz, Turin, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Lini pertahanan Juventus siap-siap digempur oleh pergerak eksplosif barisan depan Tottenham. Dan energi yang diperlukan tidaklah sedikit karena menahan gempuran lawan menuntut ekstra tenaga dan konsentrasi. Meski pasukan asuhan pelatih Massimiliano Allegri ini hanya kebobolan satu gol dalam hitungan 1.440 menit atau dalam 16 pertandingan.

Statistik bicara, bahwa Juventus belum terkalahkan dalam 26 pertandingan kandang di ajang Eropa, dengan torehan 16 kali menang. Sementara itu, Spurs belum terkalahkan di babak penyisihan grup dengan mengoleksi lima kali menang dan sekali imbang.

Catatan Spurs ketika berlaga di Italia, dalam delapan pertandingan, mereka hanya meraih sekali menang, tiga kali hasil imbang dan empat kali kalah.

Komentar dua manajer (UEFA.com):

* Massimiliano Allegri (Juventus):
“Kami harus bermain dengan cerdik dan mengandalkan teknik, agar tidak kebobolan, meskipun saya tidak berharap juga hasil pertanding berakhir imbang, 0-0. Kami tahu persis kekuatan mereka, karena itu perlu memanfaatkan waktu dengan efisien.”

“Tottenham diperkuat empat pemain depan yang mumpuni dalam menyerang. Kami harus tampil dengan teknik yang apik karena mereka mereka menang jika beradu kekuatan fisik. Kami perlu perhatian serius, karena mereka akan coba mendominasi permainan.”

Mauricio Pochettino (Tottenham):
“Hal yang mustahil membandingkan sejarang kami  dengan sejarah Juventus. Mereka telah mencapai final sebanyak dua kali dalam tiga tahun terakhir. Kami harus punya rencana matang dan kami bertekad mencapai bentuk permainan yang menyamai dan mengimbangi mereka.”

“Besok kami siap berjuang. Kami harus bermain dengan dipenuhi motivasi, energi dan tekad membara meraih kemenangan. Kami tidak akan mengubah gaya permainan yang selama ini kami anut. Kami harus tampil agresif, berani, dan menghormati lawan.”

Tiga laga terakhir:

* Juventus:
31/10/18 – Atalanta 0-1 Juventus
04/02/18 – Juventus 7-0 Sassuolo
10/02/18 – Fiorentina 0-2 Juventus

* Tottenham:
04/02/18 – Liverpool 2-2 Tottenham
08/02/18 – Tottenham 2-0 Newport County
10/02/18 – Tottenham 1-0 Arsenal

* Head to head:
05/08/2017 – Tottenham 2-0 Juventus
26/07/2017 – Juventus 2-1 Tottenham

Prakiraan susunan pemain:

* Juventus (4-3-3):
Buffon (penjaga gawang); De Sciglio, Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanić, Sturaro; Douglas Costa, Higuaín, Mandžukić
Absen: Cuadrado (cedera bahu), Matuidi (cedera otot), Höwedes (cedera otot), Dybala (cedera otot), Barzagli (cedera bahu ), Lichtsteiner (cedera otot)
Absen jika menerima kartu dari wasit: Pjanić

* Tottenham (4-2-3-1):
Lloris (penjaga gawang); Trippier, Sánchez, Vertonghen; Son, Dembélé, Dier, Davies; Eriksen, Alli; Kane
Absen: Alderweireld (tidak bugar)
Absen jika menerima kartu dari wasit: Aurier

Data  dan fakta:

Juventus:
* Paulo Dybala, Andrea Barzagli, Blaise Matuidi dan Juan Cuadrado baru saja pulih dari cedera panjang, meski mereka bersiap melawan Tottenham.
* Stephan Lichtsteiner siap memperkuat Juventus dalam setiap laga Liga Champions League, sebagai pemain yang menggantikan Benedikt Howedes.
* Mattia De Sciglio siap menempati lini bek kanan.
* Douglas Costa akan menggantikan posisi di kanan yang selama ini ditempati Federico Bernardeschi.

Tottenham:
* Toby Alderweireld tidak ikut ke Turin, dan tetap tinggal di London, berkaitan dengan masalah kebugaran. Ia absen memperkuat Tottenham.
* Mauricio Pochettino punya skuad yang relatif siap tempur dalam laga melawan Juventus.
* Bos Spurs besar kemungkinan akan membawa Kieran Trippier untuk menempati bek kanan, hanya saja Victor Wanyama akan menggantikan Heung-min Son.

Match Facts:
* Juventus belum terkalahkan dalam 19 laga dari 21 laga terakhir di ajang Liga Champions.
* Tottenham meraih enam kemenangan dari tujuh laga terakhir di ajang Liga Champions.
* Tottenham mencetak rata-rata 2,5 gol dalam tujuh dari delapan laga di ajang Liga Champions.
* Tottenham mencetak sekurangnya 2 gol dalam enam dari tujuh laga di ajang Liga Champions.
* Juventus mencetat rata-rata 2,5 gol dalam tiga laga terakhir di ajang Liga Champions.

Prediksi jalannya laga (Whoscored.com):
* Juventus percaya diri setelah menang 2-0 melawan Fiorentina dalam laga Jumat malam. Ini modal dasar menghadapi Tottenham.
* Juventus hanya kebobolan satu gol dalam 16 laga terakhir, sementara Tottenham terus membenahi lini pertahanan.
*  Spurs punya modal positif ketika menang 1-0 atas Arsenal dalam duel bertajuk London utara di laga Liga Inggris pekan ini.
* Gol pertama yang dicetak salah satu tim akan menentukan kekompakan tim. Juventus besar kemungkinan mengejar gol awal dan berusaha menang di leg pertama, apalagi bertanding di kandang.

Prediksi hasil laga:

* Juventus: 2

TINGGALKAN KOMENTAR