JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Sekira pada awal Maret 2017, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, datang ke Indonesia. Kunjungannya ke Indonesia itu menghasilkan beberapa kesepakatan kerja sama. Residu dari kunjungan itu, terutama masalah dukungan, pun masih cukup terasa hingga kini. Dukungan itu yang kembali mereka gelorakan untuk Indonesia jelang Asian Games 2018 ini.

Pada tanggal 8 sampai 15 Februari 2018, Indonesia mengadakan ajang Invitation Tournament 2018 sebagai test event untuk Asian Games yang akan dihelat pada Agustus sampai September 2018 nanti. Total sebanyak 19 negara turut serta dalam ajang ini dan Arab Saudi menjadi salah satunya.
Di test event Asian Games 2018 ini, Arab Saudi ikut dalam dua cabang olahraga, yakni atletik dan angkat besi. Secara raihan, mereka memang tidak terlalu menonjol dengan catatan satu emas, dua perak, dan dua perunggu. Namun, hal tersebut tetap disyukuri oleh Arab Saudi.

Sebagai ungkapan rasa syukur tersebut, pada Selasa (13/2/2018) malam para atlet Arab Saudi diundang dalam sebuah jamuan di kediaman Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, di Jalan Teuku Umar no. 32, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam jamuan tersebut, penghargaan pun diberikan oleh Dubes kepada atlet-atlet Arab Saudi yang berlaga di test event.
Dalam acara jamuan tersebut, Duta Besar Arab Saudi turut didampingi oleh President of Saudi Arabia Delegation, Sultan M.F. bin Swailm. Menurut Sultan, pelaksanaan test event Asian Games ini sudah cukup teratur. Tidak ada keluhan yang disampaikan oleh para atlet Arab Saudi di ajang ini.

“(Keluhan itu) tidak ada. Justru kami mendapatkan pelayanan yang luar biasa. Kami bersyukur atas hal ini. Kami berharap pelayanan ini akan semakin bagus dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya,” ujar Sultan.

Alih-alih mengutarakan keluhan, Sultan justru mengemukakan dukungan. Tergugah oleh masyarakat Indonesia yang menyambut baik ajang Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, sebagai perwakilan Arab Saudi, dia mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 kelak.

“Kami sangat menghargai upaya dari pelaksanaan Asian Games 2018 ini (di Indonesia). Kami juga melihat bahwa pelaksanaannya cukup teratur, sambutan dari masyarakat juga cukup baik. Arab Saudi menghargai apa yang sudah dilakukan Indonesia untuk Asian Games ini,” ujar Sultan.
“Kesuksesan apa pun yang terjadi di Indonesia ini, insyaallah akan terus didukung oleh Arab Saudi. Arab

Saudi akan tetap menjadi sekutu, pendukung, juga rekan yang baik bagi Indonesia,” tambahnya.
Pada ajang Asian Games 2018 nanti, Arab Saudi berencana akan ikut dalam 30 cabang olahraga yang dipertandingkan. Diperkirakan 300 atlet dari Arab Saudi akan ikut serta dalam ajang tersebut. Tapi menyoal target, Sultan mengaku belum bisa bicara banyak.
“Soal prioritas, saya belum bisa bicara banyak. Tapi saya harap kami dapat melakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Adapun, acara ini pada awalnya akan dihadiri oleh Erick Thohir selaku Ketua INASGOC (panitia penyelenggara Asian Games 2018) dan Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga. Namun, keduanya berhalangan hadir dalam acara tersebut.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR