JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
MotoGP musim 2018 baru akan dimulai pada 18 mendatang. Namun, saat ini, riuh soal prediksi siapa yang bakal keluar sebagai juara dunia sudah nyaring terdengar.
Beragam prediksi dan harapan, dari para pundit sampai para pebalap, sudah terlontar. Jorge Lorenzo, misalnya. Pebalap Ducati ini menjagokan rekan setimnya, Andrea Dovizioso, untuk bisa merebut gelar juara dunia di musim 2018 nanti.

Sementara itu, salah satu pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, menilai bahwa dirinya adalah salah satu pebalap favorit untuk bisa menggondol gelar juara dunia. Tentu saja, sebuah prediksi yang amat optimistis, tapi, ya, sah-sah saja untuk dilontarkan.

Sementara itu baru-baru ini, rekan setim Pedrosa, Marc Marquez, mengungkapkan prediksinya tentang siapa yang punya peluang besar menjadi juara dunia MotoGP 2018 lewat sebuah wawancara dengan La Gazzetta dello Sport.
Marquez tentu saja menyebut Pedrosa sebagai salah satunya. Namun, juara bertahan MotoGP itu juga setidaknya menyebut lima nama lain yang dinilainya memiliki peluang, meski dia tahu prediksi ini amat terburu-buru.

“Di sini [MotoGP], setiap tahun tidak ada yang berdiri teguh. Dari jalur ke trek, semuanya berubah drastis. Mereka adalah para juara, iya, tapi di Qatar kami mulai semuanya dari nol,” kata Marquez.
“Mengingat ketidakpastian besar [soal persaingan juara dunia] tahun lalu, saya tidak akan menyebutkan satu nama. Saya akan menempatkan kedua pebalap Ducati [Lorenzo dan Dovizioso], dua pebalap Yamaha [Valentino Rossi dan Maverick Vinales], yang jelas Pedrosa dan [Johann] Zarco di daftar kandidat, saya pikir ini akan mengejutkan Anda,” tambahnya.

Pada musim lalu, persaingan soal gelar juara dunia memang tak menentu. Di awal-awal musim, pebalap seperti Vinales, Rossi, dan Pedrosa masih mampu bersaing. Namun setelah setengah musim, nama-nama itu lengser dan tinggal menyisakan Marquez dan Dovizioso saja.

Sampai kemudian Marquez akhirnya keluar sebagai juara dunia berkat konsistensi yang diukirnya sepanjang musim. Jika pada musim nanti semua pebalap yang disebutkan Marquez punya satu hal itu, maka persaingan untuk gelar juara dunia bakal benar-benar sengit.
Sebelum menghadapi tantangan sesungguhnya pada 18 Maret mendatang, seluruh pebalap MotoGP lebih dulu bakal melakoni tes pramusim kedua di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, pada 16-18 Februari mendatang.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR