Lurah Sukabumi Selatan Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat, DKI Jakarta, Maiyanti Aziz(Foto/TOR-05/Umar Fauzi)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Satu pekan jelang pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, semua persiapan dikebut demi suksesnya pesta olahraga empat tahunan antar negara-negara di Asia. Foto Suharto Olii.

Tak hanya panitia penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) yang sibuk mempersiapkan perhelatan akbar olahraga terbesar setelah Olimpiade itu juga masyarakat pun.Foto Suharto Olii.

Presiden Joko Widodo pun turun tangan dan menghimbau masyarakat untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018. Sosialisasi Asian Games 2018 pun dilakukan dengan berbagai cara termasuk menggerakkan partisipasi masyarakat.Foto Suharto Olii.

Khusus DKI Jakarta yang memang memikul tanggung jawab besar mensukseskan Asian Games 2018 karena hampir 75 persen pertandingan digelar di kawasan Gelora Bung Karno Senayan terlihat amat super sibuk.

Yang menarik, kampanye dukungan suksesnya Asian Games 2018 itu juga merasuk ke tingkat RT/RW Kelurahan di wilayah DKI Jakarta. Hampir semua kelurahan di DKI Jakarta ikut bersolek menyambut Asian Games 2018.Foto Suharto Olii.

Kelurahan Sukabumi Selatan Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat misalnya. Kelurahan yang dipimpin Maiyanti Aziz ini jauh-jauh hari sudah melakukan sosialisasi kampanye dukung suksesnya Asian Games 2018.

Wanita kelahiran Padang Sumbar, 9 Mei1963 itu mengaku Asian Games merupakan hajatan besar bagi bangsa Indonesia. Jadi wajib hukumnya seluruh elemen bangsa ini mendukung suksesnya kegiatan olahraga terbesar di kawasan Asia itu.Foto Suharto Olii.

”Jauh sebelum ada instruksi dari Pemerintah Provinsi DKI , saya selaku Lurah Sukabumi Selatan langsung berinisiatif menggerakkan warga saya agar ikut berpartisipasi untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018. Apalagi kelurahan Sukabumi Selatan jaraknya tak jauh dari kawasan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta,”kata ibu tiga orang anak, dua diantaranya menjadi voulentir Asian Games 2018 ini.

Hampir semua ruas jalan di Kelurahan Sukabumi Selatan dipenuhi spanduk, gafura dan baliho mulai ukuran kecil hingga besar. Maiyanti selalu memberikan pemahaman kepada warganya kalau bukan mereka siapa lagi yang harus mendukung suksesnya Asian Games 2018 tersebut.

”Dan terus terang, dana untuk membeli dan memasang spanduk dan baliho ini murni swadaya masyarakat. Sejumlah usaha yang ada di wilayah Kelurahan Sukabumi Selatan juga dilibatkan. Dan jika ada warga yang belum berpartisipasi, aparat dari Kelurahan langsung datang sekaligus menegur kepada warga bersangkutan. Jadi meski himbauan tetapi wajib dan Allhamdulillah masyarakat Kelurahan Sukabumi Selatan mematuhi anjuran dari kami,”kata Ibu Lurah yang mengaku sejak kecil suka olahraga terutama renang.

Maiyanti menambahkan bahwa sosialisasi kampanye dukungan atas suksesnya Asian Games 2018 ini terasa lebih mudah karena momentnya bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Jadi dua kegiatan besar itu dijadikan satu paket dan warga merasa sangat antusias.

Dengan jumlah penduduk 54.553 jiwa yang terdiri dari 12.740 KK, Maiyanti berharap spirit Asian Games 2018 berdampak positif bagi masyarakat Kelurahan Sukabumi Selatan.

”Ya harapan saya terutama bagi generasi muda bahwa olahraga itu penting dan olahraga tak hanya bicara prestasi saja tapi filosofinya sangat luas diantaranya mengajari kita sporifitas, fair play dan saling menghargai. Dalam olahraga tak hanya sekedar bertanding mencari pemenang tapi di situ ada nilai persahabatan,”paparnya.

Apalagi, lanjut dia, Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah Asian Games setelah tahun 1962. Jadi jangan sia-siakan momentum sebagai tuan rumah yang kedua ini. TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR