JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Keberhasilan menjadi tuan rumah serta kesuksesan pencapaian prestasi atlet pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sesungguhnya bisa dimaknai sebagai ”kode keras” kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah salah satu negara besar Asia di bidang olahraga.

Maka tidak berlebihan jika melalui forum ini kita sama-sama sepapakat menyatakan bahwa Indonesia siap untuk bersaing dengan raksasa-raksasa olahraga Asia lainnya seperti Cina, Jepang dan Korea. Bahkan Indonesia sudah siap memberanikan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Pelaksana Seminar dan Lokakarya Rancang Bangun Kelembagaan Pendidikan, Heru Bramoro ST.MM di Belezza Hotel Jakarta, Rabu, (27/12) malam.

Seminar dan Lokakarya Rancang Bangun Kelembagaan Pendidikan Olahraga yang berlangsung tiga hari ini diikuti para stake holder olahraga Indonesia diantaranya induk organisasi cabang olahraga (PB/PP), KONI, KOI, KONI Provinsi, para olimpian (mantan atlet nasional), akademisi.

Pada Asian Games 2018 lalu itu menurut Menpora, dunia tercengang atas keberhasilan Indonesia baik dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi atlet. Dari sisi tuan rumah, Indonesia dinilai berhasil membuat penyelengaraan yang spektakuler. Sementara dari pencapaian prestasi atlet juga Indonesia membuat lonjakan prestasi luar biasa karena mampu menembus posisi empat besar dengan raihan 31 medali emas, 37 perak dan 42 perunggu.

Keberhasilan itu lanjut Menpora telah mendorong Indonesia untuk mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Keinginan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Menpora juga menekankan bahwa sukses Asian Games 2018 ini menjadi momen kebangkitan olahraga Indonesia menuju era milenial. Sebagai bangsa yang besar dengan populasi penduduk terbanyak keempat di dunia, sudah selayaknya Indonesia harus mampu bersaing di segala bidang termasuk olahraga.

”Dalam forum resmi ini perlu saya sampaikan bahwa Seminar dan Lokakarya ini merupakan bentuk aksi nyata Kemenpora untuk segera menindaklanjuti hasil-hasil keputusan Rapat Terbatas (Ratas) tentang pembangunan  sumber daya manusia (SDM) untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi pada tanggal 21 Nopember lalu di Istana Bogor yang dihadiri dipimpin langsung Bapak Presiden Joko Widodo. Dan saya meyakini Insya Allah kita semua yang hadir di sini akan bersama-sama menciptakan program tinta emas yang akan mengukir sejarah sebagai bagian dari kemajuan dan kejayaan olahraga di Indonesia,”kata Imam Nahrawi.TOR-08

 

TINGGALKAN KOMENTAR