SUERABAYA-(TribunOlahraga.com)

Bagi Ir Eka Putra Wirya, penghargaan dari Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat 2019 ini merupakan penghargaan untuk catur Indonesia. Eka Putra Wirya bersama 6 tokoh Olahraga Nasional lainnya menerima penghargaan sebagai pengabdi olahraga seumur Hidup (Livetime Achievement), pada malam Golden Award SIWO PWI Pusat yang herlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat, (8/2) malam.

Livetime Achievement Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 menjadi rangkaian Hari Pers Nasional, HPN 2019 yang puncaknya akan digelar hari ini Sabtu (09/2 di Kota Pahlawan Surabaya.

Lebih dari separuh hidupnya sudah diabdikan untuk kemajuan catur Indonesia. Diawali dengan mendirikan sekolah catur Enerpac (SCE) di kawasan Roxy Mas Jakarta Barat pada tahun 1992, Eka sangat peduli terhadap olahraga asah otak ini.

Dari SCE ini kemudian terbentuk tiga dream team yang melahirkan GM Susanto Megaranto (putra) dan WGM Irene Kharisma Sukandar. Eka Putra juga ikut mendukung perjuangan GM Utut Adianto menembus GM Super, posisi 50 besar dunia.

Eka juga sudah tak terhitung mendatangkan para pecatur top dunia bergeral GM Super seperti Anatoly Karvop, Garry Kasparov, Jan Timman, Negel Short dan yang lainnya. Kini Eka menduduki pisisi Dewan Pembina di PB.Percasi pimpinan Utut Adianto.

Ketua SIWO Pusat AA Gungde Ariwangsa menyatakan, penghargaan Livetime Achievement menjadi salah satu penghargaan tertinggi untuk insan olahraga nasional yang telah memberikan kontribusi besar bagi perjalanan prestasi olahraga Indonesia.

“7 tokoh olahraga nasional yang mendapat penghargaan merupakan tokoh penting dalam perkembangan olahraga nasional karena mereka begitu cinta dan tidak pernah lelah untuk memberikan perhatian besar dalam kurun waktu lama ” ungkap Ariwangsa.

Penghargaan Golden Award SIWO Pusat 2019 untuk katagori Livetime Achievement diberikan kepada tokoh catur nasional Eka Putra Wirya menutut Ariwangsa memang layak karena belaiu memiliki dedikasi tinggi dan tidak pernah menyerah dalam mendukung perkembangan olahraga catur di Indonesia.

Dengan dukungan dan perhatian besar dilakukan Eka Putra Wirya, Indonesia lanjut Ariwangsa, memiliki generasi baru pecatur bergelar Grand Master seperti Susanto Megaranto, Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia.

Usai menerima penghargaan Livetime Achievement Golden Award SIWO Pusat 2019 dari Ketua PWI Pusat Atal Depari, Eka Putra Wirya menyatakan, penghargaan ini didedikasikan untuk masyarakat catur Indonesia mulai dari pengurus PB. Percasi, para atlet, pelatih dan Pengprov Percasi se Indonesia.

“Penghargaan tinggi ini diharapkan menjadi penyemangat tidak saja bagi dirinya tapi juga unsur Percasi lainnya untuk bisa menempatkan prestasi catur nasional sejajar dengan cabang olahraga prioritas lainnya,” tegas Eka Putra Wirya.

Menanggapi penghargaan Livetime Achievement kepada dirinya Eka Putra Wirya yang juga anggota Dewan Pembina PB. Percasi menambahkan, penghargaan ini merupakan hal yang luar biasa diberikan kepada para tokoh olahraga nasional sekaligus menjadi penyemangat dirinya.

“Ini menjadi tantangan untuk lebih meningkatkan lagi prestasi catur nasional sekaligus diharapkan menjadi momentum capaian target bagi dirinya dan PB. Percasi untuk bisa melahirkan pecatur muda Indonesia bergelar Grand Master tahun ini”, ungkap Eka Putra Wirya.

Livetime Achievement Golden Award SIWO Pusat 2019 : 1. Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar 2. Ir. Eka Putra Wirya 3. Wiem Gomies 4. Aswin Bahar 5. Supandi Kusuma 6. Abdul Ghafur 7. AM Hendropriyono. TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR