Valencia Menanti 11 Tahun Untuk Kembali ke Final Piala Raja

Valencia Menanti 11 Tahun Untuk Kembali ke Final Piala Raja

194
0

Soccer Football – Copa Del Rey – Semi Final Second Leg – Valencia v Real Betis – Mestalla, Valencia, Spain – February 28, 2019 Valencia’s Rodrigo celebrates scoring their first goal with team mates REUTERS/Heino Kalis (REUTERS/HEINO KALIS)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Usai menanti selama 11 tahun, Valencia akan kembali berlaga di final Piala Raja menghadapi Barcelona setelah menundukkan Real Betis 1-0 pada leg kedua laga semifinal di markas Los Che, Stadion Mestalla, Kamis waktu setempat atau Jumat WIB.

Tim besutan pelatih Marcelino García Toral memastikan tempat di final berkat gol tunggal Rodrigo Moreno pada menit ke-56. Dengan gol tersebut, Valencia unggul dengan agregat 3-2 setelah dipertandingan leg pertama bermain imbang 2-2.

Pelatih Valencia Mercelino usai pertandingan mengatakan, timnya harus melalui serangkaian kekalahan dan hasil seri sebelum berhasil menang pada laga semifinal Piala Raja.

“Setelah menanti selama 11 tahun, para pemain, suporter dan staf akan kembali bertempur di laga final Piala Raja. Buat saya, kami semua patut menerima kemenangan (laga semifinal) ini,” kata Marcelino sebagaimana dilaporkan Reuters, Jumat.

Valencia tercatat tujuh kali menyabet juara Piala Raja. Gelar terakhir diperoleh Los Che pada 2008 setelah mengalahkan Getafe 3-1 di Stadion Vicente Calderón, Madrid.

Dalam pertandingan semifinal leg kedua tersebut, Valencia sebenarnya lebih banyak tertekan dari pasukan tuan rumah.

Sejak babak pertama, Real Betis bermain agresif dengan menempatkan Jese Rodriguez sebagai ujung tombak.

Dengan trisula Jese, Sergio Canales di sayap kanan dan Giovani Lo Celso di sayap kiri, Real Betis melesatkan setidaknya enam kali percobaan gol ke gawang Jaume Domenech pada babak pertama.

Namun di tengah dominasi Real Betis dalam penguasaan bola, penyerang Valencia Kevin Gameiro mampu memanfaatkan celah. Ia memberikan umpan ke Moreno yang diteruskan dengan sepakan keras kaki kiri dari jarak dekat ke gawang Joel Robles.

Beberapa pemain Real Betis sempat melayangkan protes ke wasit karena meyakini gol Moreno tidak sah alias offside.

Namun setelah melihat rekaman (VAR), wasit Alejandro Jose Hernandez Hernandez menyatakan gol Moreno sah.

Gol tunggal Moreno itu langsung dibalas dengan lima kali tembakan ke gawang Valencia, tetapi kiper Domenech mampu menjaga Los Che tetap unggul hingga pertandingan berakhir pada menit 90+4.

Pada partai final, Rodrigo Moreno dan kawan-kawan akan menghadapi Barcelona, yang masuk final setelah unggul agregat 4-1 atas Real Madrid.

Barcelona dan Valencia terakhir kali bertemu di final Piala Raja pada 1971. Duel keduanya akan kembali terulang di Stadion Benito Villamarin, 25 Mei.

Namun, kerja keras menanti Valencia, mengingat catatan tahun lalu menunjukkan Barcelona tak pernah tunduk dari Los Che dalam laga Piala Raja.TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR