Finalis Piala Minangkabau 2019,Kecamatan Guguak bertemu Kecamatan Tilawi dari Kota Sawahlunto, Sabtu, (24/3) besok, di Stadion Agus Salim Padang. (Foto/Yosrizal)

PADANG-(Tribunolahraga)
TURNAMEN Sepakbola Kolosal Sumatera Barat segera berakhir, ditandai dengan partai final dua tim yang berasal   jauh dari pusat ibukota  provinsi. Keduanya akan mempertaruhkan gengsi Kabupaten dan Kota di pentas sepakbola Ranah Minang.

Kabupaten 50 Kota, yang diwakili Kecamatan Guguak, bersua wakil Kota Sawahlunto, Kecamatan Talawi,  pada partai puncak yang bakal digelar Sabtu (23/3) sore di Stadion Agus Salim Padang.
Ini merupakan partai pamungkas tanpa wakil Kota Padang, yang pada dua turnamen sebelumnya sukses menjadi pemuncak.Kecamatan Guguak, adalah perempat-finalis tahun lalu, setelah gagal maju ke semifinal dengan kekalahan dua kali berturut-turut atas PSTS Kototangah dan Bayang dari Pesisir Selatan.
Mengalahkan Padangpanjang Timur di babak semifinal adalah sukses gemilang bagi tim yang bermarkas di lapangan Gelora Bakti Tanjung Jati tersebut. Soalnya, lawan yang dihadapi adalah kekuatan yang mengalahkannya pada babak 16 besar lalu.
Sementara pesaingnya adalah kekuatan yang memang sejak awal turnamen tak bisa dipandang sebelah mata dan bahkan favorit untuk menjadi juara tahun ini, Talawi.
Di babak semifinal, tim dari Kota Arang itu menekuk tim kuat asal Padang, Kecamatan Kuranji dengan skor tipis 1-0.
Sebelumnya pada turnamen yang sama tahun lalu, juga sukses sampai ke babak semifinal, meski kandas maju ke final. Namun posisi ketiga yang dicapai, menjadi catatan tersendiri bagi tim ini, dengan mengalahkan Padangpanjang Timur pada perebutan tempat ketiga.
Yang tak kalah menarik dari duel finalis adalah, partai balas dendam bagi Talawi.
Kenapa tidak?
Pada babak perempat final lalu, Talawi dipecundangi Guguak dengan skor meyakinkan 2-0. Perjalanan kedua tim tergolong sukses sampai ke babak final dan kembali bersua untuk mempertaruhkan gengsi Kabupaten dan Gengsi Kota.
Keduanya akan unjuk gigi untuk menunjukan kekuatan sejati mereka dari 160 peserta tahun ini.Sukses, seperti dikatakan Sekretaris Panitia, Nofriadi NS, akan membawa piala tetap Gubernur Sumbar dan piala tetap Kapolda Sumbar, serta medali dan uang tunai. (Yosrizal/TOR-10)

TINGGALKAN KOMENTAR