thestar

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PEBALAP  Spanyol Alex Rins membuat kejutan untuk pertama kalinya menjadi juara MotoGP pertama untukk tim  Suzuki di seri ketiga MotoGP di Texas pada Senin(15/4) dini hari, ketika juara MotoGP Marc Marquez tersingkir, gagal meraih kemenangan beruntun enam tahun di Grand Prix Amerika.

Dimulai pada pole selama tujuh tahun berturut-turut, dan mengejar kemenangan ketujuh berturut-turut di sirkuit Austin, Marquez kehilangan kendali atas Honda-nya dan tergelincir pada kesembilan 20 lap sambil memimpin hampir empat detik.

Motor tidak mau hidup kembali dan balapan berakhir untuk pebalap Spanyol.

Pebalap  Italia asal Italia Valentino Rossi mewarisi keunggulan tetapi tidak bisa menahan Rins, yang melewati lap 17 dan bertahan untuk menang dengan 0,462 detik.

Dovizioso memiliki 54 poin dengan Rossi di 51 dan Rins naik ke urutan ketiga dengan 49. Marquez memiliki 45.

“Saya mengalahkan Valentino, ini tidak bisa dipercaya bagi saya,” seru Rins, 23, yang mulai ketujuh di grid. “Dia adalah idola saya ketika saya masih sangat muda.”

Kemenangan itu adalah yang pertama di MotoGP Suzuki sejak pembalap Spanyol Maverick Vinales memenangkan Grand Prix Inggris 2016.

Rossi, 40 tahun, tetapi lebih dekat dari sebelumnya untuk kemenangan ke-90 di kategori teratas, melakukan semua yang dia bisa untuk merebut kembali kepemimpinan di lap penutup tanpa menemukan cara melewati.

“Setelah Marc jatuh, dan tepat ketika Anda berpikir itu selesai, Rins tiba,” kata juara dunia sembilan kali itu di semua kelas yang kini memiliki 198 podium di kelas atas.

“Ia sedikit lebih cepat dari saya pada akhirnya, dia mengendarai dengan sangat baik dan dia mengalahkan saya.

“Itu tidak mengejutkan karena Rins telah sangat kuat dari paruh kedua tahun lalu.”

Pebalap Inggris Cal Crutchlow, yang bersama Marquez dan Rossi di barisan depan, menabrakkan LCR Honda di lap keenam ketika ia kehilangan motornya di tikungan 11 ketika berada di tempat ketiga.

Rekan setim Rossi, Vinales, harus menjalani hukuman penalti setelah pramugari memutuskan bahwa ia telah memulai, dan finish di urutan ke-11.

Rekan satu tim Rins, Joan Mir, gagal finis di poin setelah juga dihukum karena awal yang melompat.

Pemenang besar hari itu adalah Dovizioso, yang telah memulai urutan ke-13 di grid dan dengan setiap harapan jatuh lebih jauh di belakang Marquez, daripada mengambil alih di puncak dari saingannya.

Perlombaan berikutnya adalah Grand Prix Spanyol di Jerez pada 5 Mei.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR