Bupati Belitung, Sahani Saleh (Foto/ist)

Pada Sabtu, (18/5) malam bertempat di Kafe Hoax Ancol Jakarta Utara berlangsung Kick-Off Belitong Geopark International SUP (Stand Up Paddleboard) and Kayak Marathon (BGISKM) 2019.

BGISKM 2019 ini merupakan yang kedua digelar di Kabupaten Belitung. Sama dengan penyelenggaraan perdana, tempatnya pun digelar di Tanjung Kelayang, Bangka Belitung, 2-4 Agustus 2019.

Diperkirakan jumlah peserta yang akan mengikuti kompetisi ini ditargetkan sebanyak total 250-300 peserta dari berbagai kategori, seperti Kayak, SUP, dan Kanoe tradisional. Yang menarik, even ini mendapat dukungan penuh dari BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati Belitung, Sahani Saleh dalam sambutannya mengakui bahwa bercermin pada penyelenggaraan pertama tahun lalu, banyak manfaat yang bisa dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Belitung khususnya terkait pengembangan wisata.Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

”Kalau Singkarak dikenal dikenal Tour de Singkarak (Balap Sepeda) maka saya ingin Belitung dikenal dengan Kayak Marathon. Ini penting untuk pengembangan wisata di Belitung dan Bangka Belitung secara keseluruhan,”kata Sahani.

Dengan pengembangan wisata melalui even BGISKM ini Sahani yakin dunia internasional akan lebih mengenal Belitung. Oleh karenanya, orang nomor satu di Belitung itu pada langkah pertama langsung mendekati Kementerian Pariwisata karena even ini tak lepas dari nuansa wisata.

”Ya istilah kerennya sport tourism (olahraga wisata) apalagi Belitung memiliki banyak kawasan laut atau pantai yang mampu menarik banyak wisatawan datang dan berkunjung ke daerah kami”tambah Sahani Saleh.Gambar mungkin berisi: luar ruangan dan air

Sementara dari sisi olahraga, lanjut Sahani pihaknya telah melakukan pendekatan kepada Kemenpora melalui Dispora Provinsi Bangka Belitung. Penggabungan olahraga dan wisata dalam satu paket dinilai Sahani sangat strategis untuk pengembangan olahraga perairan. Apalagi negara kita adalah negara bahari atau maritim.

Untuk menunjang even ini seperti dikatakan Sahani Saleh, pihaknya sudah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung diantaranya perhotelan, transpoirtasi dan kuliner. Bahkan saat even berlangsung, semua kuliner khas Babel akan disajikan untuk para peserta dan pengunjung.

Hal senada juga diakui Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK), Agus Susanto. Menurut dia, dari kegiatan berkelas internasional ini selain untuk memajukan potensi pariwisata Indonesia, juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya pekerja hingga olahragawan akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.Gambar mungkin berisi: 1 orang, luar ruangan dan air

“BPSTK memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja, termasuk di dalamnya para atlet, pekerja formal, pekerja informal seperti nelayan, pedagang, dan lain sebagainya”, terang Agus.

Menurut Agus, masyarakat Indonesia ini masih perlu didorong untuk pentingnya berolahraga. Karena berolahraga itu bukan semata-mata mengejar prestasi juga membuat badan kita sehat bugar dan prima sehingga tingkat produktiftas kerja juga semakin membaik dan meningkat.

Mengingat luas lautan Indonesia diperkirakan sekitar 3,8 kilometer tentu suatu kawasan yang membutuhkan promosi besar-besaran melalui even seperti BGISKM ini. Jika semua kawasan laut itu diberdayakan tentu ada nilai tambah yang mampu mendongkrak rasa kesadaran masyarakat untuk mencintai laut.Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

Oleh karenanya, BGISKM ini mendapat dukungan penuh dari Komunitas Sea Kayak Indonesia dan Standup Paddle Indonesia. Keduanya merupakan kumpulan dari pegiat sea-kayak (atau kayak petualangan) dan standup paddle atau SUP d iseluruh Indonesia.

Sea Kayak Indonesia merupakan wadah perkumpulan yang dibentuk tahun 2018 untuk menampung aspirasi seluruh pegiat maupun klub-klub sea-kayak seluruh Indonesia dari Sumatera Utara hingga Papua dengan jumlah anggota lebih dari seratus orang.

Standup Paddle Indonesia merupakan club SUP terbesar di Indonesia yang didirikan tahun 2015 dengan anggota lebih dari 100 orang seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Sea Kayak Indonesia, silakan kunjungi laman Facebook: Sea Kayak Indonesia, atau akun Instagram @seakayak_indonesia, dan SUP Indonesia pada akun Instagram @sup_id_ dan website www.standuppaddle.id. (Suharto Olii)

 

TINGGALKAN KOMENTAR