thestar

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PORTUGAL menjadi tim pertama yang memenangkan  UEFA  Nations ketika gol yang dibuat dengan baik oleh Goncalo Guedes memberi mereka kemenangan 1-0 atas Belanda di final pada Minggu.

Guedes, 22, Matthijs de Ligt pala, bertukar pass dengan Bernando Silva dan kemudian mengalahkan kiper Jasper Cillessen dengan tembakan dari tepi area penalti pada jam untuk gol internasional keempatnya dalam 17 penampilan.

Portugal hanya memiliki 45 persen kepemilikan tetapi lebih berbahaya karena mereka menambahkan trofi lain untuk gelar Euro 2016 yang mereka menangkan tiga tahun lalu dengan kemenangan 1-0 melawan tuan rumah Prancis, juga di bawah pelatih Fernando Santos.

“Selama lima tahun terakhir, kami telah menjadi keluarga yang hampir tidak bisa dihancurkan yang tahu apa yang mampu kami lakukan,” kata Santos. “Kami tahu kami bisa memenangkan pertandingan ini.”

Portugal memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 10 pertandingan sejak kalah dari Uruguay di Piala Dunia terakhir. Mereka baru kalah dua dari 38 pertandingan kompetitif sejak Santos memimpin lima tahun lalu.

Permainan membutuhkan waktu untuk melanjutkan tetapi ketika itu terjadi, Portugal jauh lebih mengancam dengan Bruno Fernandes dan Silva terlibat dalam hampir semua gerakan terbaik mereka dan Cristiano Ronaldo selalu mengintai dengan penuh ancaman.

Fernandes melakukan beberapa upaya ke gawang di babak pertama, termasuk satu yang ditepis Cillessen di tiang gawang dan satu lagi yang melengkung tepat di atas mistar menyusul beberapa gerak kaki bagus di area penalti dari Silva.

Ronaldo, yang hattrick-nya melawan Swiss pada Rabu membawa Portugal ke final, memiliki satu upaya ke gawang di babak pertama ketika ia mengambil bola di sebelah kiri, memotong ke dalam dan melesakkan tembakan rendah yang Cillessen lakukan dengan baik untuk menahannya.

Belanda – yang memiliki satu hari lebih sedikit untuk pulih dari semifinal mereka dari Portugal – gagal menghasilkan tembakan tepat sasaran di babak pertama.

Portugal langsung kembali pada serangan setelah turun minum dan memaksa banyak sudut sebelum kiper mereka Rui Patricio akhirnya melakukan penyelamatan pertamanya, mengacak bola menjauh setelah bek membelokkan umpan Memphis Depay ke arah gawang.

Dengan volume meningkat di Estadio do Dragao, Portugal memecah kebuntuan pada jam melalui Guedes meskipun Cillessen mungkin diharapkan untuk menyelamatkan tembakan.

Ketika Belanda akhirnya bergerak, Patricio melakukan penyelamatan bagus dari sundulan Depay dan pemain belakang Ruben Dias melakukan pembersihan yang luar biasa dari umpan silang Daley Blind yang berbahaya ke area penalti.

Portugal, bagaimanapun, selalu menjadi ancaman pada istirahat dan kaya layak menang.

“Anda harus lebih baik dengan bola dan kami tidak,” kata pelatih Belanda Ronald Koeman. “Mereka ahli dalam mempertahankan ketika mereka berada di depan. Kita seharusnya sedikit lebih pintar dalam mencari tendangan bebas – kita tidak cukup baik malam ini.”TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR